Log in

Pemkab Aceh Selatan Buka Pasar Murah di 24 Titik

Kepala Disperindagkop dan UKM Aceh Selatan Mualimin menyerahkan paket sembako perdana pada acara pembukaan gelar pasar murah didaerah itu. Kepala Disperindagkop dan UKM Aceh Selatan Mualimin menyerahkan paket sembako perdana pada acara pembukaan gelar pasar murah didaerah itu.

Tapaktuan,Aceh-andalas Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Aceh Selatan melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian  Koperasi (Disperindagkop) dan UKM jelang bulan suci Ramadan hingga sebelum Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah menggelar pasar murah 24 titik, di 18 kecamatan daerah tersebut.

Kepala Disperindagkop & UKM Aceh Selatan, H. Mualimin, SE didampingi Kabid Perdagangan, Saiful Rahman, SE kepada andalas mengatakan, kegiatan pasar murah tahun ini digelar mulai Kamis (18/5) hingga berakhir 7 Juni 2017 mendatang.

“ Hari ini sebagai pembukaan pasar murah  di laksanakan di empat titik, meliputi Kecamatan Kluet Utara, Labuhanhaji Barat, Trumon Timur I dan Kecamatan Bakongan,” kata Mualimin dilokasi pasar murah, Desa Paya, kecamatan Kluet Utara, setelah seremoni pembukaan tanda dimulainya kegiatan, Kamis (18/5).

Sedangkan titik berikutnya akan berlangsung Senin 22 Mei, meliputi kecamatan, Trumon Timur II, Trumon Tengah, Kluet tengah dan Kluet Selatan, kemudian 23 Mei di Kecamatan, Pasie Raja, Trumon, Samadua 1 dan Tapaktuan 1. Di terangkannya pasar murah jelang Idul Fitri dilaksanakan dalam bulan ramadhan atau 5 hingga 7 Juni 2017, setiap harinya dilaksanakan di empat kecamatan.

Menurutnya, program Pasar Murah merupakan kebijakan Pemkab Aceh Selatan untuk membantu meningkatkan daya beli masyarakat kurang mampu menjelang momentum bulan Ramadhan dengan harga komoditas dijual lebih murah dibandingkan harga di pasaran hingga 35 persen.

Selain itu kegiatan pasar murah bertujuan untuk menstabilkan bahan pokok di tingkat pedagang. guna mengantisipasi lonjakan harga bahan pangan menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1438 Hijriah. Meskipun pada hari itu harga bahan pokok di kabupaten Aceh Selatan masih dalam kondisi stabil dan belum terjadi kenaikan yang signifikan.

Adapun bahan pangan yang dijual di pasar murah di antaranya gula pasir, minyak goreng kemasan, tepung terigu kemasan, telur dan sirup. Untuk beras  tahun ini ditiadakan karena dinilai kurang diminati masyarakat.  Bahan pangan tersebut di kemas dalam satu paket terdiri dari gula 2 kg, tepung 2 kg, minyak goreng kemasan 2 liter, telor ayam ras 1 papan, dan sirup 2 botol.

Mualimin menambahkan, pasar murah bisa dilaksanakan karena adanya subdisi pemerintah kabupaten melalui dana APBK TA 2017. Besaran subsidi di tiap bahan pangan antara lain untuk gula Rp 5000/kg, tepung Rp 4000/kg, telor ayam Rp 7000/papan, migor Rp 4000/liter sirup Rp 5000/botol. Subsidi diberikan setelah diketahui harga pasar setempat melalui pengambilan sampel.

Neni (36) ibu Rumah Tangga mengaku senang dan bersyukur dengan adanya pasar murah ini, “sayangnya hanya memperoleh satu paket,” kata ibu tiga anak ini, seraya berharap jelang lebaran dia bisa memperoleh paket lagi.

Amatan andalas, masyarakat terutama ibu rumah tangga berduyun duyun menyerbu pasar sembako murah yang digelar di empat kecamatan tersebut. (HSP)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 20 Nov 2017 30°C 23°C
  • 21 Nov 2017 28°C 22°C

Banner 468 x 60 px