Log in

Pelantikan Anggota DPRK Lhokseumawe Diwarnai Aksi Demo

Massa HMI Lhokseumawe-Aceh Utara melakukan aksi demo di depan Kantor DPRK Lhokseumawe. andalas/mulyadi Massa HMI Lhokseumawe-Aceh Utara melakukan aksi demo di depan Kantor DPRK Lhokseumawe. andalas/mulyadi

Lhokseumawe-andalas Pelantikan 25 anggota DPRK Lhokseumawe periode 2019-2024 diwarnai aksi demo oleh sejumlah mahasiwa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Lhokseumawe-Aceh Utara, Selasa (10/9)

Dalam aksi damai tersebut mahasiswa menyerahkan kado kepada para anggota dewan yang baru dilantik berupa buah semangka dan sarang jebakan tikus yang di dalamnya berisi ikan asin.

Koordinator aksi, Muhammad Fadli mengatakan, sampai saat ini Kota Lhokseumawe masih berada di bawah garis kemiskinan, karena pemimpinnya tidak memerdulikan nasib kaum proletar yang termajinalkan. Mulai dari permasalahan ketimpangan hukum, sosial, ekonomi dan lain sebagainya sehingga Lhokseumawe seperti kota mati tanpa ada pemimpin.

Massa HMI mendesak agar syariat Islam benar-benar ditegakkan di Kota Lhokseumawe dan meminta kejelasan soal KEK Arun dan menekankan kepada perusahaan tersebut harus memprioritaskan pekerja dari putra putri daerah.

“Kami meminta anggota Lhokseumawe untuk memperkuat dan mempertegas pengawasan terhadap Pemko Lhokseumawe. Kemudian mencari solusi konkret untuk mengentaskan kemiskinan di Kota Lhokseumawe, menutaskan kelangkaan gas di Kota Lhokseumawe yang terkenal dengan sumber daya energinya. DPRK harus mendesak Pemko agar menciptakan tata kelola kota sesuai dengan Qanun Kota Lhokseumawe Nomor 1 Tahun 2014,” harapnya.

Selanjutnya meminta DPRK Lhokseumawe yang bebas korupsi, kolusi, nepotisme (KKN) dan terakhir dana Otonomi Khusus Lhokseumawe harus dikelola dengan transparan. Setelah berorasi hampir satu jam, akhirnya perwakilan DPRK Lhokseumawe menjumpai para pendemo dan menandatangani pernyataan sikap yang diberikan oleh pengujuk rasa.

Anggota DPRK Lhokseumawe Azhari ST yang baru dilantik dari Partai Aceh didampingi sejumlah dewan mengajak mahasiswa yang melakukan aksi demo untuk melek literasi politik. "Hal ini perlu dilakukan supaya semua kita melakukan pengawasan terhadap pemerintah, sebab ini bukan hanya tugas Dewan Perwakilan Rakyat, kita harus persatukan barisan, mari bersama-sama membangun ke arah yang lebih baik," ajak Azhari.

Azhari juga mendorong mahasiswa se kota Lhokseumawe dan HMI untuk terus berperan aktif melakukan pengawasan dan terus menguatkan literasi politik untuk membuka wawasan cerdik mahasiwa sebagai generasi penerus bangsa.

Setelah mendengar pernyataan anggota DPRK Lhokseumawe tersebut para pendemo kemudian membubarkan diri dengan tertib dan mendapat pengawalan dari pihak Polres Lhokseumawe.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Ari Lasta Irawan melalui Kabag Ops Kompol Adi Sofyan mengatakan, pihaknya mengerahkan 350 personel melakukan  pengamanan berlapis selama proses pelantikan berlangsung.

Ia menyebutkan setiap tamu undangan yang hadir diperiksa dengan metal detector. Di depan pintu utama atau pintu masuk ke gedung pelantikan juga dijaga ketat oleh tim penjinak bom dari Brimob Jeulikat.

Pada acara tersebut Ketua Pengadilan Negeri Lhokseumawe Teuku Syarafi SH MH mengambil sumpah janji 25 anggota DPRK Lhokseumawe periode 2019-2024. Pengukuhan sumpah dilakukan Kepala Kantor Kementerian Agama Lhokseumawe Drs H Boihakki, selaku rohaniawan.

Acara rapat paripurna istimewa pengucapan sumpah janji 25 anggota DPRK tersebut dihadiri Wali Kota Lhokseumawe Suaidi Yahya, Wakil Wali Kota Lhokseumawe Yusuf Muhammad, unsur Forkopimda serta para tamu undangan lainnya.

Sekwan Kota Lhokseumawe Syoeib Chaldun mengatakan, dari 25 anggota dewan tersebut 16 orang wajah baru, dan 9 orang wajah lama atau dewan periode 2014-2019.

Anggota DPRK Lhokseumawe wajah baru dari Partai Aceh (PA) antara lain Mahmudi Harun, Azhari ST SPd., T Gr Marhaban, Julianti, Fauzan, Ismail, dan Faisal.

Selanjutnya, Muhammad Ismail Shaleh, Akmal, dan Zulkaidi SE (Partai Gerindra); T Abdul Hakim SPdI. (Partai Demokrat);  Abdurrahman Yusuf (PKS); Drs Hamzah MAli (PAN); Masykurdin El-Ahmady SPdI (Partai Golkar); Said Fachri (PNA); dan Hj Nurhayati Aziz (PKB).

Anggota dewan wajah lama (periode 2014-2019) yang kembali terpilih, yakni Nurul Akbari dan Irwan Yusuf (Partai Gerindra); T Sofianus dan Roslina SKom. (Partai Demokrat); Sudirman Amin dan Azhar Mahmud SE (Partai NasDem); Suryadi SE MM (PAN); Jailani Usman SH MH (Partai Golkar); dan Dicky Saputra (PKS).

Syoeib menyebukan, setelah dilantik, para anggota dewan tersebut selanjutnya akan membentuk fraksi-fraksi, membuat tata tertib dewan, dan mengikuti sejumlah agenda lainnya. (MUL)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px