Log in

Panpel MTQ Sewakan Lapak Pasar Rakyat


Sigli-andalas Panitia Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke 34 tingkat Propinsi Aceh, sibuk membangun Pasar Rakyat serta bangunan kuliner. Bangunan tersebut, termasuk upaya memeriahkan MTQ di daerahnya.

Kepala Departemen Perdagangan Industri dan Usaha Menengah-Kecil, Kabupaten Pidie, Ir Zulkifli mrnyebutkan ada 186 bangunan lebih untuk kegiatan Pasar Rakyat.

"Ini dibuka untuk tempat usaha masyarakat selama MTQ tersebut berlangsung, selanjut bangunan bangunan ini dibongkar kembali," sebut Zulkiflu selepas mengikuti zikir Akbar di arena utama MTQ.

Ia juga menyebutkan, cukup besar animo masyarakat yang mendatangi kantornya agar diberikan lapak usaha selama MTQ Aceh berlangsung meski sewa ukuran lebih dari yang telah ditentukan luas lapak berjualan.

Ditanyai, berapa besar sewa lapak untuk ukuran 4 X 4 meter selama 8 hari, Kadis Perindagkop menyebutkan berkisar Rp 500 ribu hingga Rp 600 ribu saja.

Ia juga menyebutkan, cukup banyak masyarakat yang minta tempat usaha di tanah yang telah ditimbun tersebut, atau luasnya sekitar 2, 7 hektar. Letaknya pub sangat strategis di persimpangan jalan.

Bangunan Pasar Rakyat menyambut MTQ Aceh di persimpangan jalan Ring Road Kota Sigli, diprediksi banyak masyarakat sangat rawan dengan kecelakaan.

Disisi lain, dipersimpangan jalan tersebut sedang dibangun untuk pelebaran mencari kordinat rencana pembangunan bundaran kota denfan bentuk bangunan cincin raksasa dengan tugu mempesona.

Proyek pembangunan bundaran ini, juga dalam upaya menyambut MTQ, namun waktunya  sudah tidak terkejar lagi. Pembangunan bundaran dan tugu bukan dari pos dana pelaksanaan MTQ yang mencapai angka Rp 75 miliar lebih.

Ketua Harian Panitia MTQ Aceh, Fadhlullah TM Daud ST jauh sebelumnya menhawab andalad menyebutkan, jika terjadi persoalan kemacetan panjang arus lalu lintas diperempatan jalan lingkar Kota Sigli tersebut memang diharapkan pihaknya agar ada gaung MTQ kepada masyarakat Aceh, pada umumnya.

Wabup Fadhlullah yang kerap didampingi Kadis PU Perkim, M Adam ST selalu menyatakan optimis seluruh bangunan dan fasilitas MTQ Propinsi Aceh, rampung tepat waktu. (DHIAN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px