Log in

Panitia Pilkades Serentak Gayo Lues Dilarang Pungut Uang Pendaftaran

 Irwansyah SSTP MSi Irwansyah SSTP MSi

Blangkejeren-andalas Seluruh Panitia Pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Gayo Lues, tidak dibenarkan memungut uang pendaftaran dari masing-masing calon kepala kesa. Pasalnya, anggaran Pilkades sudah ada dari Anggaran Desa.

Pernyataan itu ditegaskan Kabag Pemerintahan Gayo Lues Irwansyah SSTP MSi, Senin (27/7/2020), saat ditanyai wartawan apakah boleh panitia Pilkades memungut uang pendagtaran dari masing-masing calon kades.

"Yang akan mengikuti Pilkades serentak tanggal 19 Agustus 2020 ini ada 57 desa. Masing-masing sudah diusulkan anggaran Pilkadesnya. Namun, jumlah pastinya silahkan tanyakan ke Bagian DPMK (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung)," katanya.

Menurut Irwansyah, mengenai biaya pemilihan Keucik sudah diatur dalam Qanun Aceh Nomor 4 tahun 2009, tentang tata cara pemilihan dan pemberhentikan Keucik di Aceh.

Dalam Bab XIII Pasal 47 huruf (1) disebutkan, biaya penyelenggaraan pemilihan Keucik bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja Gampong, anggaran pendapatan dan belanja Kabupaten/Kota dan sumber anggaran lain yang sah dan tidak mengikat.

"Tidak dibenarkan dipungut uang pendaftaran. Hal itu sesuai dengan arahan pak Bupati dan Wakil Bupati Gayo Lues, dan mengenai kekurangan biaya dalam proses Pilkades dari anggaran yang ada, itu kami tidak tahu," jelasnya.

Sedangkan, untuk kotak suara dan bilik suara Pilkades, Irwansyah mengaku, sudah ada di masing-masing desa yang dihibahkan oleh Komisi Independent Pemilihan (KIP) untuk mendukung kelancaran Pilkades di Gayo Lues.

Sementara, Dedi Kabid di DPMK yang membidangi mengenai anggaran Pilkades serentak di Gayo Lues belum semppat menjawab pertanyaan wartawan, saat dikonfirmasi melalui pesan WA, belum dibalas. (Nuar)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C