Log in

Obat Kedaluwarsa Masih Beredar di Pasaran

Operasi Rencong Bersinar 2017 dipimpin Kasat Resnarkoba Polres Pidie AKP Raja Aminuddin Harahap SSos menemukan masih beredarnya ada obat-obat kedaluwarsa di sejumlah depot obat. andalas/dhian anna asmara Operasi Rencong Bersinar 2017 dipimpin Kasat Resnarkoba Polres Pidie AKP Raja Aminuddin Harahap SSos menemukan masih beredarnya ada obat-obat kedaluwarsa di sejumlah depot obat. andalas/dhian anna asmara

Kasatresnarkoba: Ini Sangat Berbahaya

Sigli,Aceh-andalas Kasat Resnarkoba Polres Pidie AKP Raja Aminuddin Harahap SSos sangat menyayangkan dan menyesalkan masih ada obat-obat yang sudah kedaluwarsa beredar di sejumlah depot obat. Padahal, hal itu sangat berbahaya bagi keselamatan jiwa orang yang mengonsumsinya.

Temuan obat kedaluwarsa tersebut terungkap dalam Operasi Rencong Bersinar Tahun 2017, kemarin. Dalam operasi tersebut, tim gabungan juga memeriksa obat-obat yang dilarang beredar oleh pemerintah seperti PCC dan lainnya.

Kasatresnarkoba Polres Pidie ketika melaksanakan operasi tersebut ke sejumlah depot obat di Mutiara, didampingi pihak Badan Pengawasan Obat Makanan (BPOM) Pidie, Dinkes Pidie, dan Provos Polres Pidie.

“Timgabungan banyak menemukan obat-obat yang semestinya sudah tidak boleh dikonsumsi lagi oleh masyarakat, karena sudah lama kedaluwarsa, tapi masih diedarkan dan dipajang dalam depot ini,” ujar Kasatresnarkoba didampingi pihak BPOM kepada andalas, Kamis (12/10).

Pemilik depot obat tersebut mengakui, obat yang sudah lama kedaluwarsa itu seharusnya sudah diambil pihak agen obat dari Medan, tapi tidak pernah datang. Namun, sebut pihak BPOM, itu hanya sebuah alasan saja dari pihak depot obat.

Kasatresnarkoba juga secara cermat memperhatikan satu persatu toko obat. Dalam razia ini tim menemukan obat-obatan yang sudah cukup lama masa edarnya habis, tapi masih tersusun rapi dalam rak kaca obat. "Ini sangat menyalahi aturan dan hukum," sebut Raja Aminuddin Harahap.

Begitupun, Kasatresnarkoba ini tidak mau mendengar penjelasan di kaki lima dari pihak pemilik depot obat tersebut. "Semua ada aturannya, saya juga akan buka buku aturan di kantor. Karena, anda sudah menyalahi aturan tentang penjualan obat-obatan kepada masyarakat. Obat ini, racun jika sudah tidak berlaku lagi masa pemakaiannya," tegas Kasat Resnarkoba.

Lebih lanjut AKP Raja Aminuddin menyebutkan, operasi tersebut dimulai 12 hingga 31 Oktober 2017. Sasaran operasi ini, selain narkoba dan obat kedaluwarsa, juga obat-obatan yang dapat membuat orang teler seperti PCC (dhian)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

26°C

Medan, Sumatera Utara

Partly Cloudy

Humidity: 87%

Wind: 11.27 km/h

  • 16 Dec 2017 29°C 23°C
  • 17 Dec 2017 28°C 22°C

Banner 468 x 60 px