Log in

Mobil Pustaka Keliling Diserbu Siswa di Pidie

Siswa SD menyerbu mobil Pusling milik Dinas Perpustakaan Pidie. Siswa SD menyerbu mobil Pusling milik Dinas Perpustakaan Pidie.

Sigli,Aceh - andalas   Siswa dari berbagai srkolah di Kabupaten Pidie setiap hari menyerbu mobil Pustaka Keliling (Pusling) Dinas Perpustakaan dan Arsip kabupaten setempat. Kondisi itu, membuktikan minat membaca siswa sekolah di Pidie cukup tinggi.

Pengamatan andalas selama sepekan belakangan ini, membuktikan bahwa siswa di kabupaten penghasil beras terbesar untuk Pulau Sumatera itu memiliki minat membaca cukup tinggi ketimbang di sejumlah daerah lainnya di Aceh.

"Kami di sini kekurangan buku bacaan, makanya kami ramai ramai datangi mobil Pustaka Keliling, agar bisa meminjam buku bacaan yang kami butuhkan," papar sejumlah murid SD di Kecamatan Mila kepada andalas, Selasa (6/11) siang.

Kondisi sama, juga terpantau di Madrasah Ibtidayah Negeri (MIN) 2 Desa Krueng Seumideuen, Kecamatan Peukan Baro. Puluhan siswa menyerbu mobil Pusling untuk memeroleh buku bacaan meski pinjam baca.

Para murid dari MIN Nomor 2 Krueng Seumideuen ini menyebutkan, mereka sangat bersyukur dapat membaca dan meminjam buku umum dan agama dari mobil Pusling daerahnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pidie H Idhami SSos MSi menjawab andalas, Rabu (7/11) membenarkan kehadiran mobil Pusling ke setiap sekolah di desa dan kecamatan sangat membantu meningkatkan minat membaca siswa.

“Dari sinilah awal melahirkan siswa berprestasi . Ini tugas yang diamanahkan daerah kepada Dinas Pendidikan dan Kadis Perpustakaan Pidie Haji Mansur," ujar Idhami.

Kepala Bidang Dinas Perpustakaan Pidie Ernawati SSos kepada andalas Rabu kemarin menyebutkan hampir setiap hari ruang baca dipenuhi siswa SMA, MAN, serta MTs N untuk membaca berbagai buku, termasuk pinjam pakai.

Kepala Dinas Pustakaaan dan Arsip Kabupaten Pidie H Mansur SSos MSi membenarkan, murid di Pidie memiliki minat baca cukup tinggi. Selain itu, cukup banyak murid belajar membaca di ruang baca kantornya.

“Minat baca masyarakat Pidie cukup tinggi. Hal itu, terbukti dari laporan sopir mobil Pustaka Keliling yang kerap diserbu anak sekolah,” katanya.

Noni Hayati, pegawai Dinas Perpustakaan Pidie menyebutkan, Perpustakaan pernah dikunjungi oleh Ny Fadhlullah TM Daud ST, istri Wakil Bupati Pidie Fadhullah. (dhian)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 21 Nov 2018 27°C 22°C
  • 22 Nov 2018 27°C 22°C

Banner 468 x 60 px