Log in

Masyarakat Aceh Selatan Diimbau tak Lagi Tanam Sawit


Bupati: Menanam Jagung Lebih Menjanjikan

Tapaktuan-andalas Bupati Aceh Selatan H Azwir SSos mengajak masyarakat Kecamatan Bakongan Timur tidak lagi menanam kelapa sawit, tetapi beralih menam jagung yang secara ekonomis dinilai lebih menjanjikan.

“Mulai hari ini kita membuka wacana dan pencanangan menanam jagung di wilayah Kecamatan Bakongan Timur,” ujar Azwir dalam sambutannya pada acara antartugas Camat Bakongan Timur yang baru TM Nasrijal SSTP, Rabu (15/5) di Kantor Camat Bakongan Timur.

Dia mengimbau agar masyarakat jangan lagi menanam kelapa sawit, sebab harga sawit selalu dipermainkan, sehingga kurang menjanjikan untuk peningkatan perekonomian masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Aceh Selatan.

"Untuk itu mari kita memprioritaskan upaya penanaman jagung, salah satu hasil pertanian yang lebih menjanjikan dalam peningkatan perekonomian masyarakat Bakongan Timur agar lebih sejahtera," ajaknya.

Sementara Camat Bakongan Timur TM Nasrijal yang mulai berkantor di Desa Seubadeh, Bakongan Timur mengatakan sangat mendukung pengembangan ekonomi yang lebih baik dan dapat menyejahterakan petani lewat pengembangan usaha pertanian.

“Apalagi arah pengembangan ekonomi ini datangnya dari instruksi pimpinan, skala prioritas pertanian di arahkan ke Desa Sawah Teungkeum, Simpang, dan juga desa lainnya dalam Kecamatan Bakongan Timur,” kata Nasrijal didampingi Sekcam Edwar SE.

Ditambahkannya, masyarakat di Kecamatan Bakongan Timur sudah populer dengan perkebunan sawit, namun hasilnya masih kurang menjanjikan akibat banyak permainan harga oleh tengkulak.

“Sebagai tahap awal, lahan penanaman jagung yang sudah dipersiapkan seluas 20 hektare dan dikembangkan di desa yang memiliki lahan untuk itu,” tambah Edwar.

Acara antartugas camat tersebut turut dihadiri para kepala SKPK, para mukim, kepala gampong, tokoh ulama, dan tokoh masyarakat. (HSP)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px