Log in

Makam Habib Bugak Al Asyi Dipugar


Bireuen,Aceh-andalas Makam Habib Abdurrahman Bin Alwi yang lebih terkenal dengan sebutan Habib Bugak Al-Habsyi sudah dirintis pemugaran oleh keluarganya, masyarakat, pemerintah dan Satgas Operasi Teritorial (Opster) TNI tahun 2018 di wilayah kerja Korem 011/ Lilawangsa melalui Kodim 0111/Bireuen.

Makam Habib yang terletak di  Dusun Pante Sidom, Gampong Pante Peusangan, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen (kawasan Bugak) sebelumnya bagaikan tidak bertuan, kini sudah dipugar secara apik.

Habib Bugak Al-Asyi  adalah sosok darmawan yang telah mewakafkan tanahnya untuk dimanfaatkan warga Aceh yang melaksanakan ibadah haji ke tanah suci di Makkah Al Mukarramah, Arab Saudi.

Untuk menuju ke Makam Habib Bugak dari Keude Matanggeulumpangdua terus ke utara dan setibanya di Jangka memasuki lorong berkisar setengah kilometer barulah menemukan lokasi makam Habib Bugak.

Di areal pemakaman, selain makam Habib Bugak berukuran 2000 meter persegi, juga dikelilingi 23 makam lain, yang disebut oleh warga dei sana sanak keluarga atau keturunan Habib Bugak.

“Tiga makam yang telah dipasang pagar ukiran itu adalah makam Habib Abdurrahman Bin Alwi atau Habib Bugak, makam Habib Muhammad dan makam Habib Abbas,” sebut Said Muzakkar, penjaga kompleks makam tersebut.

Menurut Said Muzakkar jika ditilik dari nilai sejarah, seharusnya makam ini menjadi situs dan harus dikembangkan karena beliau merupakan seorang yang menyebarkan agama Islam dari Arab ke Aceh dengan cara berniaga.

Sementara itu, Danramil 07/Jangka Kapten Inf Nanang Sudaryanto mengungkapkan, program yang tengah dilaksanakan Opster TNI ini selain memugar Habib Bugak juga membangun sarana dan prasarana masyarakat. Ini dimaksudkan agar kemanunggalan TNI dengan rakyat semakin erat.

“Opster TNI melalui Kodim 0111/Bireuen sendiri sebagai fungsi pembinaan teritorialnya selain untuk melaksanakan kegiatan teritorial juga untuk mempersiapkan RAK (Ruang, Alat dan Kondisi ) Juang yang tangguh yang siap menghadapi segala bentuk hakikat ancaman baik itu bersifat daerah maupun secara nasional serta menyejahterakan warga dengan membangun sarana dan prasarana di wilayah yang dianggap kurang,” kata Sudaryanto.

Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) dari Mabes TNI yang dipimpin oleh Ketua Tim Brigjen TNI Mar Purwadi telah meninjau sasaran fisik Opster TNI Tahun 2018 yang dilaksanakan di wilayah kerja Korem 011/ Lilawangsa salah satunya sasaran fisik renovasi kompleks Makam Habib Bugak Al Habsy di Desa Pante Peusangan, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen.

Bupati Bireuen H Saifannur SSos menjelaskan bahwa Habib Bugak Al Habsy adalah salah satu ulama yang berasal dari Persia tiba di Aceh menyebarkan Syariat Islam termasuk di wilayah Kabupaten Bireuen. (HERA)

30°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 72%

Wind: 8.05 km/h

  • 17 Nov 2018 30°C 22°C
  • 18 Nov 2018 29°C 23°C

Banner 468 x 60 px