Log in

Lima Pelaku Dibekuk, 33 Ranmor Curian Diamankan

Para tersangka berikut barangb bukti yang dibekuk sekaligus 33 Motor curian sebagai barang bukti hasil pencurian. andalas/ist Para tersangka berikut barangb bukti yang dibekuk sekaligus 33 Motor curian sebagai barang bukti hasil pencurian. andalas/ist

Bireuen,Aceh-andalas Polres Bireuen mengungkap kasus tindak pidana pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang disebut-sebut terorganisir dengan membekuk 5 pelaku yang sudah diamankannya sekaligus mengamankan 33 Motor curian sebagai barang bukti hasil pencurian.

Pernyataan tersebut diungkapkan Kapolres Bireuen, AKBP Riza Yulianto SE, SH didampingi Kasat Reskrim Polres Bireuen, Iptu Riski Adrian S.IK pada acara temu Pers di Mapolres Bireuen, Selasa (13/2)

Menurut Kapolres hasil pengungkapan kasus pencurian Sepeda Motor tersebut setelah adanya 14 Laporan Polisi (LP) yang masuk ke Polres Bireuen. Dikatakan Riza Yulianto,  dari 5 tersangka yang telah diamankan, 3 di antaranya merupakan pengambil langsung sepeda motor tersebut dan 2 lainnya sebagai penadah. Pihak Polres sudah mengamankan 33 barang bukti motor curian.

Dijelaskan aksi yang mereka lakukan adalah memanfaatkan situasi kendaraan bermotor yang sedang ditinggalkan oleh pemiliknya dalam keadaan setang tidak terkunci maupun lupa mencabut kunci kontak pada sepeda motor (kelalaian pemilik sepeda motor), biasanya diambil menjelang Magrib atau waktu gelap, lalu sepeda motor itu didorong oleh pelaku.

Tiga tersangka pengbambil langsung yang sudah diamankan adalah, KK (19), pelajar, Kota Juang, Bireuen, RV (19 ), Peusangan dan MR (18), pelajar,  Kota Juang, Bireuen. Sementara 2 pelaku lainnya sebagai penadah barang curian itu berpusat di Bener Meriah masing-masing ES (29) , Pinto Rime, Bener Meriah dan  HS (29) juga dari Pintu Rime, Bener Meriah.

Menurut penjelasan Kapolres, mereka itu sudah merupakan sindikat curanmor yangb sudah beroperasi di sejumlah wilayah, meliputi Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Bener Meriah dan Kabupaten Bireuen.

“ Dalam kaitan tersebut, kami mengimbau kepada masyarakat yang pernah kehilangan kendaraan bermotor, namun tidak membuat laporan pengaduan kepada pihak kepolisian, agar dapat mengecek ke Polres Bireuen dengan membawa surat-surat kendaraan lengkap beserta identitasnya,” Harap Kapolres Bireuen.

Disisi lain setelah mempelajari modus operasi sindikat Curanmor, Kapolres mengimbau agar masyarakat  tetap selalu waspada dalam meninggalkan/ memarkirkan sepeda motor, gunakan kunci ganda dan pastikan sepeda motor dalam keadaan terkunci.

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar cerdas dalam membeli dan atau menerima sepeda motor dari seseorang tanpa dilengkapi surat penyerahan lengkap,” imbaunya.

Dijelaskan pelaku curanmor dikenakan  padal 363  KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, dengan hukuman penjara selama-lamanya tujuh tahun Dan junto Pasal 480 KUHP tentang penadahan dengan hukuman penjara selama-lamanya empat tahun penjara.(HERA)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

24°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 100%

Wind: 6.44 km/h

  • 22 Feb 2018 28°C 23°C
  • 23 Feb 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px