Log in

Laporan 20 Kasus 100 Warga Dimintai Keterangan

Sahmur SH anggota Gakumdu dari Panwaslu Gayo Lues didampingi operator Panwaslu saat menyiapkan laporan klarifikasi warga. Sahmur SH anggota Gakumdu dari Panwaslu Gayo Lues didampingi operator Panwaslu saat menyiapkan laporan klarifikasi warga.

Gakumdu Panggil Warga Terlibat Dugaan Pemilih Ganda

Gayo Lues,Aceh-andalas Laporan dugaan pelanggaran Pilkada pemilih lebih dari satu kali yang diajukan tim pemenangan calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut dua, Abd Rasad dan Rajab Marwan (Sarama) ke sentra Gakumdu Gayo Lues beberapa hari yang lalu sudah hampir rampung. Pasalnya, hampir seluruh warga yang berkaitan dengan dugaan melakukan pemilihan lebih dari satu kali sudah dipanggil.

Sahmur SH, Anggota Gakumdu Gayo Lues dari Panwaslu bagian hukum, Selasa (28/2) mengatakan jumlah laporan dugaan memilih lebih dari satu kali di salah satu TPS dan di TPS berbeda yang masuk ke Gakumdu bertambah menjadi 20 kasus dari jumlah sebelumnya hanya berkisar 10 kasus. Dari jumlah 20 kasus itu sudah  100 orang lebih memberikan keterangan.

"Dalam satu kasus ada beberapa orang yang diperiksa, seperti terlapor dan saksi-saksinya, sehingga dalam satu kasus bisa Lima sampai enam orang yang diperiksa, makanya membutuhkan waktu yang lama," katanya.

Dari semua laporan dugaan Pemilih ganda yang masuk ke Gakumdu, Sahmur SH mengatakan hampir semuanya sudah ditangani, dan warga yang di undang langsung datang ke kantor Panwaslu memberikan keterangan dan melakukan klarifikasi atas dugaan memilih lebih dari satu kali tersebut.

"Dari 20 kasus yang masuk, yang sudah dilimpahkan ke tahap penyidikan kepolisian ada Tiga kasus dugaan memilih lebih dari satu kali. Jika memang dalam 14 hari buktinya cukup, akan dilimpahkan lagi ke pihak Kejaksaan, jika sudah memenuhi syarat, maka barulah ke tahap penuntutan di Pengadilan. Dan jika tidak cukup bukti, maka akan dihentikan kasusnya," katanya.

Dari hasil klarifikasi dengan warga, kebanyakan orang yang diduga melakukan pemilihan lebih dari satu kali tidak memenuhi syarat untuk dilanjutkan ketahapan proses penyidikan. Sebab, orang yang dipanggil ke Gakumdu dan berdasarkan keterangan saksi tidak ada melakukan pemilihan lebih dari satu kali.

"Bagi yang tidak memenuhi undangan sampai Tiga kali, maka kami akan langsung kerumahnya memintai keterangan apakah betul memilih dua kali atau tidak, dan kami sudah melakukanya ke Kecamatan Terangun. karena paling cepat Tiga hari ke depan dan paling lama satu minggu ke depan, semua kasus harus ada kejelasan, apakah dinaikan ketahap selanjutnya atau dihentikan," jelasnya. (Nuar)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 100%

Wind: 6.44 km/h

  • 15 Nov 2018 26°C 22°C
  • 16 Nov 2018 28°C 22°C

Banner 468 x 60 px