Log in

Komisi A Uji Kelayakan 15 Calon Komisioner KIP Pidie


Sigli,Aceh-andalas Komisi A  Dewan PerwIkilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Pidie melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap 15 calon komisioner Komisi Indenpenden Pemilihan (KIP) Pidie di Gedung DPRK  kabupaten setempat, Kamis (12/7). Ke -15 calon komisoner KIP tersebut merupakan yang lulus dari tahapan sebelumnya.

Fit and proper test  calon anggota KIP tersebut berlangsung ketat, dimana satu persatu peserta diuji kelayakan dan kemampuan dengan sejumlah pertanyaan oleh Ketua Komisi A Tgk Jailani HM Yakop alias Atok.

Tim penguji beranggotakan seluruh anggota Komisi A DPRK Pidie, yakni Mahfuddin Ismail SPdi, Elidawaty, Anwar Sastra Putra, Nursaadah SAg, H Iskandar Sidiq, dan Tgk H Abdullah Ali S.Ag.

Sementara suasana gedung dewan tersebut, terlihat aman-aman saja. Begitupun, sejumlah inteljen dari pihak Kepolisian, mengawasi kegiatan tersebut dari ruangan tunggu Gedung DPRK setempat.

Dari kalangan anggota dewan setempat kepada andalas secara terpisah menyebutkan, seluruh calon anggota KIP Pidie sudah memasuki tahap terakhir, yaitu uji kelayakan dan kepatutan baik bidang agama maupun pengetahuan umum, termasuk paling utama adalah pengetahuan tentang Pemilihan Umum.

Diakui kalangan dewan tersebut, animo menjadi anggota KIP sangat besar dan sangat antusias, namun dari hasil seleksi awal oleh tim penjaringan seleksi, pelamar banyak yang tidak lolos.

Sebanyak 15 calon tersebut akan bersaing ketat untuk menuju 5 terbaik menjadi komisioner KIP Pidie. Adapun ke 15 calon yang mengikuti fit and proper test itu adalah Fuadi S.Pdi, Hendra Darmawan SPdI, Ismalianto, S.Pdi, Khaifan Sasmita S.Sos, Muhammad Ali, Muhammad Saiful MPd, Muhammad Ikhsan, Rizarni S.Pd, Nazarrullah SH, MH, Nurjannah SE, Rosmidan, Samsul Bahri SH, Sri Wahyuzaiha S.Pd, dan Syarifah Rohana, S.Pd.

Ketua Komisi A, Tgk Jailani HM Yakhob membenarkan, pihaknya telah melakukan fit and proper tes terhadap 15 calon anggota KIP Pidie. “Nantinya mereka yang lulus akan diumumkan pada Sidang Paripurna DPRK Pidie, Sabtu (14/7) malam,” katanya.

Menurut Atok Jailani, setelah usai uji kelayakan dan kepatutan ke 15 calon anggota KIP tersebut, pihaknya akan mengirim nama-nama mereka yang lulus ke pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Aceh.   (dhian)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

25°C

Medan, Sumatera Utara

Mostly Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 21 Jul 2018 30°C 23°C
  • 22 Jul 2018 31°C 22°C

Banner 468 x 60 px