Log in

Klaim Belum Dibayar, BLUD RSUD Yulidin Away Terancam Kehabisan Obat

Pasien yang sedang dalam perawatan di BLUD RSUD dr Yulididn Away Tapaktuan terancam tidak memeroleh obat akibat ketersediaan obat yang menipis dampak keterlambatan pembayaran klaim dari BPJS Kesehatan. andalas/heriansyah putra Pasien yang sedang dalam perawatan di BLUD RSUD dr Yulididn Away Tapaktuan terancam tidak memeroleh obat akibat ketersediaan obat yang menipis dampak keterlambatan pembayaran klaim dari BPJS Kesehatan. andalas/heriansyah putra

Tapaktuan,Aceh-andalas  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Tapaktuan  masih menunggak pembayaran klaim BLUD Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Yuliddin Away, Tapaktuan. Akibatnya, operasional di rumah sakit  tersebut, terganggu.

“Hingga saat ini kami belum menerima pembayaran  klaim dari BPJS kesehatan Cabang Tapaktuan untuk penanganan pasien peserta BPJS bulan Mei 2018 sebesar  Rp5,7 miliar,” kata dr Faisal, Sp.An,  Direktur RSUD, Dr Yuliddin Away Tapaktuan, Senin (9/9) di Tapaktuan.

Seharusnya, sambung Faisal, pembayaran ini dilakukan pada minggu ketiga bulan Agustus kemarin. Menurutnya keterlambatan pelunasan tagihan yang sudah diajukan dapat menganggu operasional dan  pembelian obat - obatan serta keterlambatan pembayaran jasa medis guna  menunjang pelayanan dirumah sakit daerah itu.

Dia juga mejelaskan, jika dalam dua minggu ke depan BPJS belum melakukan pembayaran dapat dipastikan rumah sakit tidak lagi memiliki ketersedian obat-obatan.  Karenanya, dia  berharap BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan dapat melakukan pembayaran secepatnya, agar pelayanan di rumah sakit tersebut tidak menurun.

“Terkait tagihan untuk bulan Juni 2018, kami (RSUD YA) juga sudah mengirimkan ke BPJS namun masih dalam tahap verifikasi pihak BPJS,” ujar Faisal.

Di lain tempat Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan dr Neni Fajar yang ditemui wartawan mengakui adanya penunggakan tersebut. “Betul kami belum melunasi tagihan RSUD Yulidin Away untuk bulan Mei, sebab kami masih menunggu kucuran dana dari Kementerian Keuangan RI,” terangnya.

Menurut Neni, kondisi seperti itu bukan hanya di Tapaktuan saja tetapi hampir seluruh Indonesia. Meskipun demikian atas keterlambatan ini bila sampai satu bulan masanya, pihak BPJS akan membayar denda sebesar satu persen dari jumlah tagihan.  Kepada wartawan dr Neny membeberkan bahwa jumlah klaim bulan Mei yang akan dibayar ke RSUD Yulidin Away sebesar Rp5,4 miliar. (HSP)

25°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 4.83 km/h

  • 18 Nov 2018 28°C 23°C
  • 19 Nov 2018 27°C 23°C

Banner 468 x 60 px