Log in

Kawanan Gajah Liar Resahkan Warga Alue Rimeh


Lhokseukon-andalas Kawanan gajah liar yang diperkirakan mencapai 20 ekor mengobrak-abrik sejumlah rumah dan belasan areal kebun milik warga di Gampong Alue Rimeh, Kecamatan Pirak Timur, Aceh Utara sejak tiga hari terakhir.

Warga masyarakat Alue Rimeh resah karena meski telah melakukan berbagai cara, kawanan gajah liar tersebut sulit sekali dihalau menjauh ke dalam hutan.

Salah seorang warga Gampong Alue Rimei Muhammad Isa, Minggu (10/11) mengatakan, areal kebun milik warga yang dirusak kawanan gajah liar tersebut berisi tanaman pisang, pinang, kelapa sawit, dan karet.

Warga kewalahan menghalau kawanan gajah liar itu dengan bermacam cara. Mulai dari membakar mercon hingga menyalakan meriam bambu sudah dilakukan warga. Namun gajah-gajah liar itu kembali lagi menyerang perkebunan warga.

Ia menyebutkan, kehadiran kawanan gajah liar di perkebunan warga terjadi dalam tiga hari terakhir. Hal itu membuat petani yang memiliki kebun berisi tanaman muda resah.

“Apabila kawanan gajah liar terus memasuki areal perkebunan warga, tanaman muda milik warga akan rusak setelah diinjak-injak binatang liar tersebut dan petani akan mengalami kerugian  mencapai jutaan rupiah,” ucapnya.

Pihaknya mengharapkan kepada dinas terkait, selain membantu penyediaan mercon untuk  warga yang memiliki kebun di kawasan itu, juga hendaknya segera mencari solusi lain terhadap persoalan tersebut.

Sementara itu Leader CRU Cot Girek, Zaikyattuddin Syah mengatakan ada empat unit rumah dan kebun milik warga di Gampong Alue Rimei yang porak-poranda diserang kawanan gajah liar. Yakni milik Ishak, Saifuddin, Abu Leman, dan Munir. Jenis tanaman yang dihancurkan yaitu pinang, pisang, dan pohon karet.

“Empat unit rumah itu dihuni warga ketika berkebun. Dan ketika kawanan puluhan ekor gajah liar melintas kawasan tersebut, hasil kebun menjadi sasaran,” katanya.

Zaikyattuddin menambahkan, kawasan tersebut memang merupakan jalur yang kerap dilintasi oleh gajah. Pasca-kejadian, pihaknya langsung mendatangi lokasi untuk menggiring gajah liar itu pergi.

“Kami giring secara manual, yakni dengan menggunakan mercon, dibantu juga oleh warga sekitar,” ujarnya. Tambahnya, saat ini tim sudah meninggalkan lokasi itu. Pihaknya juga membagikan mercon yang tersisa untuk masyarakat untuk berjaga-jaga. (MUL/AJJN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px