Log in

Kapal Ocean Ship 2 Terancam Jadi Besi Tua

Kapal Ocean Ship 2 berbulan-bulan sandar di Dermada UPP III Tapaktuan, Aceh Selatan. Kapal Ocean Ship 2 berbulan-bulan sandar di Dermada UPP III Tapaktuan, Aceh Selatan.

Tapaktuan-andalas Kapal Ocean Ship 2 yang biasa mengangkut semen kantongan dari Padang, Provinsi Sumatera Barat ke Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, kini terancam menjadi besi tua lantaran tak lagi dioperasikan.

Kapal bertonase 675 Gross Ton (GT) yang dikelola PT Pelayaran Kartika Samudera Indah beralamat di Sibolga itu, hingga Kamis (11/7) masih sandar di Dermaga Unit Pengelola Pelabuhan (UPP) Kelas III Tapaktuan.

Informasi diperoleh dari petugas Kelaikan Kapal (PKK) UPP III Tapaktuan, Fijar, terakhir kali kapal tersebut melakukan bongkar muat barang pada akhir November 2018 lalu. “Sejak itu kapal tidak pernah berlayar lagi dan tersandar di dermaga hingga kini,” katanya kepada andalas di Kantor UPP Kelas III Tapaktuan, Rabu (10/7).

Fijar tidak mengetahui pasti penyebab kapal tersebut tidak lagi berlayar. Hanya saja sesuai dengan jadwal, kapal tersebut harus naik dok di daerah terdekat untuk menjalani perawatan, dalam hal ini di Banda Aceh.

“Namun sampai saat ini belum dilaksanakan oleh perusahaan yang bersangkutan,” tambahnya. Menurut pria asal Kabupaten Aceh Utara ini, keberadaan Kapal Ocean Ship 2 yang sandar rapat ke dermaga tidak mengganggu aktivitas bongkar muat pelabuhan karena masih ada dermaga satu lagi.

"Penyandaran kapal ini guna mempermudahkan mobilisasi kebutuhan pokok tiga orang anak buah kapal (ABK) yang menjaga kapal," jelasnya. Menyangkut biaya sandar, perusahaan pemilik Kapal Ocean Ship 2 yang beralamat di Jalan Sisingamangaraja 475, Kelurahan Aek Habil, Sibolga, itu harus membayar jasa tambat sesuai aturan yakni sebesar Rp38 per GT per hari atau Rp26.650 per hari sejak November 2018.

Andalas belum memeroleh keterangan pasti penyebab Kapal Ocean Ship 2 masih sandar di dermaga. ABK Kapal Ocean Ship 2 tidak bersedia turun dari kapal untuk dimintai konfirmasi meskipun sudah berulang dipanggil. (HSP)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px