Log in

Imigrasi Lhokseumawe Terapkan Layanan Pengurusan Paspor Online

Bambang Triyono. Bambang Triyono.

Lhokseumawe-andalas Untuk memudahkan masyarakat mendaftar permohonan paspor, Kantor Imigrasi Kelas II Lhokseumawe mulai menerapkan pelayanan pengurusan paspor secara online melalui Aplikasi Pendaftaran Antrean Paspor Online (APAPO).

Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Kelas II Lhokseumawe, Bambang Triyono, Selasa (25/6) menjelaskan, APAPO untuk memudahkan masyarakat mendaftar permohonan paspor sehingga dapat menentukan waktu datang ke kantor imigrasi.

Dirinya menyebutkan, APAPO bisa diunduh di Google Play Store apakah di android maupun iOS. Melalui aplikasi tersebut pemohon bisa menentukan di mana dan kapan mereka akan membuat paspor.

“Tentunya ini sangat memudahkan masyarakat yang hendak melakukan pengurusan paspor. Setelah terdaftar melalui online, maka pemohon hanya menunjukkan barcode yang sudah ada di handphone-nya kepada petugas,” ungkapnya.

Nantinya petugas akan memberikan formulir untuk diisi dan melakukan langkah berikutnya sesuai tahapan yang ditentukan. Pihaknya mengimbau kepada masyarakat, apabila ingin mengurus paspor jangan melalui orang lain atau calo karena sekarang sudah ada sistem online yang memudahkan masyarakat menguru paspor.

“Biaya pembuatan paspor berdasarkan PP Nomor 28 Tahun 2019 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), itu ada penurunan harga pembuatan paspor yaitu semula Rp355.000 kini menjadi Rp350.000,” jelasnya.

Ia menjelaskan, pemohon paspor di Kantor Imigrasi Lhokseumawe belakangan ini cenderung meningkat.  “Berdasarkan data yang ada, tujuan mereka ke Malaysia itu lebih banyak yang berobat dan kunjungan keluarga. Ada pula yang berwisata,” ucapnya. (MUL)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px