Log in

Hemat Anggaran Dua Kali Lipat, Bupati Amru Usulkan Kembali TMMD


Gayo Lues-andalas Bupati Gayo Lues HM Amru kembali mengusulkan pekerjaan karya bakti atau imbangan kepada TNI Kodim 0113/Gayo Lues tahun 2019 mendatang. Pasalnya, jika pekerjaan dilakukan oleh TNI sangat banyak manfaatnya.

"Kalau pekerjaan dilakukan TNI dua kali lipat terhemat anggaranya," katanya, Rabu (8/8) di Meunasah Desa Tampeng usai penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 102 bersama Danrem Lilawangsa.

Menurut Bupati, jika pekerjaan pembukaan jalan sepanjang 4 Km, pembuatan satu unit jembatan, pengobatan massal dan sebagainya, maka anggaran yang dibutuhkan bisa mencapai Rp 3 miliar lebih, namun pekerjaan yang dilakukan dalam program TMMD hanya Rp 1,5 miliar ditambah Rp 300 juta dari Pemerintah Pusat.

"Ini sungguh luar biasa berkurangnya penggunaan anggaran jika TNI yang terdepan. Untuk itu kita akan usulkan kembali di tahun depan agar di Gayo Lues tetap ada TMMD, karya bakti atau imbangan," jelasnya.

Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Purwanto menyambut baik apa yang diharapkan Bupati Gayo Lues. Katanya, TMMD ataupun karya bakti sangat tergantung dengan usulan pemerintah daerah, jika memang diusulkan besar kemungkinan akan dikabulkan.

"Kalau TMMD hanya sekali saja dalam satu tahun di masing-masing wilayah, namun jika ada usulan, kita bisa masukkan ke program karya bhakti atau imbangan," katanya.

Di samping membuka jalan, program TMMD, kata Danrem juga bisa membuat parit atau irigasi, intinya, semua yang akan di kerjakan itu murni dan betul-betul kebutuhan rakyat. Untuk itu, sebelum dilaksanakan pekerjaan harus terlebih dahulu dilakukan peninjauan dan pembahasan.

"Dari hasil peninjauan kegiatan TMMD di Gayo Lues, alhamdulilah semua sasaran tercapai 100 persen, termasuk pembinaan pemudanya, pembukaan jalan, jembatan, serta pembuatan Tugu Sejarah di kuburan masal pejuang," jelasnya. (Nuar)

24°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 100%

Wind: 4.83 km/h

  • 23 Oct 2018 27°C 22°C
  • 24 Oct 2018 26°C 22°C

Banner 468 x 60 px