Log in

Harimau Pining Denda Peracun Ikan Sungai Rp 1,5 Juta

Forum Penjaga Hutan dan Sugai Harimau Pining bersama warga saat musyawarah denda adat kepada peracun ikan. Forum Penjaga Hutan dan Sugai Harimau Pining bersama warga saat musyawarah denda adat kepada peracun ikan.

Gayo Lues,Aceh-andalas Forum Penjaga Hutan dan Sungai Harimau Pining bersama warga setempat memberikan sanksi denda kepada salah seorang warga yang terbukti meracuni ikan di sungai Sesinggi Desa Pepelah. Pasalnya, satu orang warga itu terbukti meracuni sungai untuk diambil ikannya bersama sejumlah anak-anak yang masih sekolah.

Ketua Forum Penjaga Hutan dan Sugai Harimau Pining Abu Kari, Rabu (5/9) mengatakan, kasus meracun ikan itu diketahui pihaknya setelah Kepala Desa Pepelah

melaporkan kejadian bahwa ada sekelompok orang bersama anak kecil ditangkap meracun ikan, dan warga sempat ngamuk dan membogem pelaku.

"Setelah kami menerima informasi itu, kami langsung mendatangi Kepala Desa Pertik, karena diduga warganyalah yang telah melakukan meracun ikan itu. Kemudian Kepala desa mencari warganya itu dan membawa ke proses adat untuk dimediasi," katanya.

Berdasarkan peraturan adat yang disepakati seluruh warga Kecamatan Pining dengan nomor: 01/04/-Tahun 2017, setiap orang yang meracun ikan di sungai Pining akan didenda, dan uang dendanya akan dibelikan kembali bibit ikan dan kemudian dilepaskan kembali di sungai yang diracun tersebut.

"Yang meracun ikan itu didenda Rp 1,5 juta, karena dari hasil musyawarah, ada hal-hal yang meringankanya. Salah satunya bahwa tersangka ini telah mengalami pemukulan oleh warga setempat, kemudian yang memberatknya adalah dia terbukti meracun ikan dengan sengaja untuk ditangkap ikannya," jelasnya.

Forum Penjaga Hutan dan Sugai Harimau Pining mengimbau kepada seluruh warga agar tidak menggunakan racun maupun setrum ketika menangkap ikan di seluruh sungai Pining, dan bila ada yang mencoba melakukanya pasti akan berhadapan dengan sangsi adat dan akan didenda. (Nuar)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

24°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 98%

Wind: 6.44 km/h

  • 25 Sep 2018 28°C 22°C
  • 26 Sep 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px