Log in

Harga Bawang Merah Lokal Turun


Lhokseumawe,Aceh- andalas Harga komoditi bawang merah lokal di pasar tradisional dalam wilayah Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, mulai menurun dalam tiga hari terakhir seiring banyaknya pasokan bumbu dapur tersebut. Sebagaimana diungkapkan  salah seorang pedagang bawang merah di pasar Inpres Lhokseumawe, Furqan. Disebutkannya, turunnya harga bawang merah lokal tersebut, dikarenakan banyaknya pasokannya baik bawang merah lokal maupun jenis bawang merah impor.

Furqan menambahkan , untuk jenis bawang merah lokal atau bawang dalam negeri, baik hasil pertanian petani di Aceh maupun yang berasal dari luar Aceh, harganya berada pada kisaran Rp 26 ribu /kilogram. Padahal, sebelum menurunnya harga jenis bawang merah lokal tersebut, harganya berkisar antara Rp 28 ribu hingga Rp 30 ribu / Kg.

"Sebelunnya harga bawang merah lokal sempat bertahan lama pada kisaran harga Rp 28 hingga 30 ribu / Kg. Namun dalam tiga hari ini sepekan terakhir, harganya turun menjadi Rp 26 ribu paling rendah,'' ungkapnya, kemarin.

Sebutnya, bawang merah lokal tersebut, umumnya selain didatangkan dari luar provinsi Aceh, beberapa daerah sentra pertanian bawang merah di Aceh juga sedang banyak stok.

Begitu juga dengan pasokan bawang merah lokal untuk saat sekarang sangat lancar yang dilakukan oleh pedagang besar yang mendistribusikannya ke pasar-pasar tradisional yang ada diwilayah Lhokseumawe dan sekitarnya.

Sementara itu, lanjutnya, sedangkan untuk jenis bawang merah impor, baik yang berasal dari India atau negara Asia lainnya, harganya jauh lebih murah lagi. Yaitu, berada pada kisaran harga Rp 10 ribu hingga Rp12 Ribu /Kg.(ant)

27°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 80%

Wind: 14.48 km/h

  • 21 Nov 2018 28°C 22°C
  • 22 Nov 2018 26°C 22°C

Banner 468 x 60 px