Logo
Print this page

Gepeng Kucing-kucingan dengan Tim Razia Gabungan

Para pengemis main kucing-kucingan dengan petugas. andalas/Suherman Amin Para pengemis main kucing-kucingan dengan petugas. andalas/Suherman Amin

Bireuen-andalas Dinas Sosial dan Satpol PP-WH Kabupaten Bireuen ekstra keras dan kontinu melakukan razia gelandangan dan pengemis (Gepeng). Namun sepertinya Gepeng sulit ditertibkan karena memilih main kucing-kucingan atau alip-alipan dengan Tim Operasi. Alhasil tim hanya mampu menangkap sebahagian kecil Gepeng saja.

Dan hal ini menimbuilkan kecurigaan berbagai pihak bahwa Gepeng yang berkeliaran ada yang mengkoodinirnya. Betapa tidak, sebaik Tim Operasi melakukan razia sepertinya Gepeng hilang bak ditelan bumi di Bireuen. Namun setelah tim menghentikan operasi pengemis pun bermunculan bahkan bertambah marak dan mengemis kembali di warkop-warkop bahkan di lampu merah simpang empat Bireuen.

Begitupun, kata Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi Sosial pada Dinas Sosial Kabupaten Bireuen, Halidar, S.Sos, M.Si, kepada andalas mengatakan, pihak Dinas Sosial Kabupaten Bireuen bersama Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah (Satpol PP-WH) dibantu personil TNI dan Polri Kabupaten Bireuen akan terus melakukan razia guna melakukan penertiban terhadap Gepeng di sejumlah titik hingga ke pusat pasar kecamatan yang ada dalam wilayah Kabupaten Bireuen.

Halidar menegaskan, jika memang benar adanya sinyalemen terkait dalang yang mengkoordinir Gepeng pihaknya harus menemukan dalang di balik kegiatan operasinya sekaligus berupaya membersihkan Bireuen dari penyakit masyarakat itu.

Sebelumnya, fatwa  Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menyatakan bahwa mengemis itu haram, apalagi dilakukan oleh orang yang fisiknya sehat. Fatwa yang sama juga diungkapkan Ketua MPU Aceh (kala itu) Prof. Dr. H. Muslim Ibrahim, walaupun tidak menyebutnya haram, namun dikatakan harga diri si pengemis rendah. (HERA)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
Info Pemasangan Iklan Online

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com