Log in

Gayo Lues Hasilkan 25 Ribu Ton Jagung per Musim

Hamparan tanaman jagung di Kabupaten Gayo Lues yang mendongkrak prekonomian warga. Hamparan tanaman jagung di Kabupaten Gayo Lues yang mendongkrak prekonomian warga.

Gayo Lues,Aceh-andalas Petani jagung asal Kabupaten Gayo Lues mampu menghasilkan 25 ribu ton lebih setiap musim panen. Peningkatan hasil panen dari tahun ke tahun diprakarsasi oleh Dinas Pertanian setempat yang memberikan bantuan bibit jagung gratis kepada petani yang mau menanam jagung.

Kepala Dinas Pertanian Gayo Lues Jakaria S Hut, Kamis (8/10) mengatakan, lahan jagung produktif di Gayo Lues mecapai 4 ribu hektare yang tersebar di sebelas kecamatan, namun kecamatan yang paling banyak menghasilkan jagung adalah Kecamatan Blangkejeren, Blangpegayon dan Blangjeranggo.

"Untuk terus menunjang hasil jagung dari Gayo Lues, Dinas Pertanian kembali akan menyalurkan bibit bantuan jenis Bisi 18 di akhir tahun 2018 ini. Sebelumnya juga sudah dibagikan bantuan bibit kepada petani," katanya.

Bantuan bibit jagung itu, kata Kadis Pertanian, untuk 500 hektare lahan, dan bagi warga yang tidak masuk ke dalam data kelompok tani jagung bisa langsung mengajukan permohonan ke Dinas Pertanian Gayo Lues supaya diberikan bantuan bibit.

"Yang akan kita salurkan ini bersumber dari Dana Doka, kalau sebelumnya itu dari dana APBN, makanya butuh proses mengeluarkan dana bantuan pupuknya juga, sebab dananya masuk ke rekening kelompok, dan kemudian baru dibelikan pupuknya dari distributor," jelasnya.

Bagi petani jagung yang mendapatkan bibit bantuan sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian mengimbau agar menghubuggi ketua kelompok tani supaya bisa segera dibelikan pupuknya dan diserahkan kepada petani tersebut, sehingga jagung yang sudah ditanam bisa segera dilakukan pemupukan. (Nuar)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 21 Nov 2018 27°C 22°C
  • 22 Nov 2018 27°C 22°C

Banner 468 x 60 px