Log in

Gaji 549 Guru PTTK Gayo Lues Segera Cair

Usman SAg, Kabid Paud Dinas Pendidikan Kabupaten Gayo Lues. Usman SAg, Kabid Paud Dinas Pendidikan Kabupaten Gayo Lues.

Gayo Lues-andalas Dinas Pendidikan Kabupaten Gayo Lues memastikan dalam waktu dekat akan mencairkan gaji dan insentif jam mengajar guru Pegawai Tidak Tetap Kabupaten (PTTK) setempat selama empat bulan.

Besaran gaji guru PTTK sendiri mencapai Rp1.960.000 per bulan bagi yang mengajar di zona empat, dan paling rendah di zona satu atau disebut tanpa zona dengan jumlah Rp672 ribu per bulan.

Kepala Dinas Pendidikan Gayo Lues Anwar SPd melalui Usman SAg selaku Kabid PAUD, Senin (20/5) mengatakan, saat ini jumlah guru PTTK tingkat TK, SD, dan SMP mencapai 549 orang. Masing-masing guru sesuai tingkatan diberikan insentif jam mengajar yang berbeda. Untuk satu jam mengajar di TK, guru diberikan uang Rp6 ribu, SD Rp8 ribu, dan SMP Rp10 ribu.

"Saat ini kami sedang menunggu absen dari masing-masing kepala sekolah untuk direkap, supaya jam mengajar ditambah insentif per bulanya bisa kita sesuaikan. Dan sejauh ini, kepala sekolah yang menyerahkan absen sudah 80 persen, 20 persen sisanya masih belum menyerahkan dan masih kami tunggu," katanya untuk Surat Perintah Penyiapan Dana (SP2D) sudah diajukan ke Badan Penggelola Keuangan Daerah (BPKD).

Pemberian gaji sistem zona, kata Usman, sangat menguntungkan semua pihak. Seperti guru yang mengajar di daerah terpencil merasa senang karena insentif yang diterimanya sesuai dengan jaraknya mengajar dari pusat kota. Bagi guru yang mengajar di zona satu tidak diberikan insentif per bulan dan hanya menerima uang mengajar per jamnya sesuai dengan yang telah ditetapkan.

"Yang ada insentif guru PTTK hanya yang mengajar di zona 2,3, dan 4, itu pun bervariasi jumlahnya, paling banyak Rp1.960.000 per bulan total insentif dan jam mengajarnya, dan paling sedikit guru yang mengajar di zona satu yaitu Rp672 ribu, jumlah itu diterima guru karena dalam seminggu hanya mengajar tiga jam saja," jelasnya.

Usman mengimbau, guru PTTK yang ada di Kabupaten Gayo Lues agar bersabar menunggu insentif selama empat bulan terakhir dicairkan. Jika semua proses administrasi sudah selesai, maka gaji PTTK akan dikirimkan ke masing-masing rekening sekolah dan kemudian pihak sekolah akan menyalurkan ke masing-masing dewan guru.

"PTTK mohon bersabar dulu, gaji kalian sedang kami proses, dan, Insha Allah sebelum tanggal 30 Mei 2019 ini, semua PTTK akan menerima haknya sesuai dengan hasil jerih payahnya selama ini," ucap Usman. (NUAR)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px