Log in

Empat Kabupaten Ikuti Festival Musik Etnik Berhadiah Rp37,5 Juta

Grup musik etnik gayo menampilkan aksi terbaiknya dalam festival musik etnik di Balai Musara Blangkejeren. Grup musik etnik gayo menampilkan aksi terbaiknya dalam festival musik etnik di Balai Musara Blangkejeren.

Blangkejeren-andalas Festival musik etnik yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Kabupaten Gayo Lues, Sabtu malam (16/11) di depan Balai Musara Blangkejeren diikuti empat kabupaten. Para peserta berebut juara satu untuk mendapakan hadiah Rp12 juta.

Kepala Dinas Pariwisata Gayo Lues Zainal Abidin SE mengatakan, festival musik etnik merupakan kegiatan resmi Dinas Pariwisata yang diselenggarakan setiap tahun. Pesertanya berasal dari Bener Meriah, Aceh Tengah, Aceh Tenggara, dan Gayo Lues.

"Festival musik etnik ini diikuti oleh 10 grup, dengan rincian, dari Gayo Lues 3 grup, Bener Meriah 2 grup, Aceh Tenggara 1 grup, dan Aceh Tengah 4 grup," katanya.

Untuk hadiah, juara I festival musik etnik yang diselenggarakan menyambut penutupan Indonesiana itu, panitia menyediakan Rp12 juta, juara II Rp10 juta, juara III Rp8 juta, dan juara harapan I Rp7,5 juta atau dengan total Rp37,5 juta.

"Dengan adanya festival musik etnik ini, kami berharap agar seni dan budaya gayo tetap terjaga dan terus lestari, dengan tujuan bisa menghibur," katanya seraya menyebut Tari Saman, Bines, Melengkan, Pongot, Didong Laut, dan Didong Gayo juga akan digelar di Gayo Lues tanggal 24 November 2019 ini.

Sekda Kab Gayo Lues H Thalib SSos mengatakan, festival musik etnik harus mampu menggali alat musik tradisional untuk dilestarikan dan menghibur masyarakat, dengan harapan supaya warga luar semakin banyak berwisata ke Gayo Lues.

"Musik etnik merupakan alat musik tradisional yang dikembangkan, untuk menjadi modal perabadaban guna meningkatkan daya tarik wisata yang tujuannya bisa meningkatkan ekonomi," katanya. Dewan juri festival musik etnik ini, panitia bekerja sama dengan Universitas Negeri Medan (Unimed).

"Kita harus terus menggali alat musik kita dengan memadukanya dengan adat dan budaya, sehingga bisa menjadi penawar rindu ke depannya dan saya sangat berterima kasih kepada seluruh seniman yang telah mampu memadukan kesenian menjadi hiburan," ujarnya. (NUAR)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px