Log in
Wakapolda-SUMUT-v2.jpg

Diusulkan untuk 2021, Distan Gayo Lues Sanggupi di 2020


Pemberian Bantuan Bibit Jagung dan Padi

Blangkejeren-andalas Bermacam usulan yang disampaikan masyarakat Kotapanjang untuk meningkatkan hasil pertanian dan perkebunan saat Musrenbang, Kamis (20/2) mendapat perhatian khusus dari Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gayo Lues Zakaria.

Bahkan usulan agar tahun 2021 masyarakat diberi bantuan bibit jagung dan benih padi berkualias, malah disanggupi Zakaria dengan akan memberikannya pada tahun 2020 ini.

Kepada Wakil Bupati Gayo Lues H Said Sani beserta jajarannya yang hadir dalam Musrenbang itu masyarakat Kotapanjang juga menyampaikan usulan program agar diberikan benih padi berkualitas, pembangunan irigasi persawahan, dan pembukaan jalan ke sentral pertanian dan perkebunan.

"Untuk usulan masyarakat terkait bibit jagung, kami dari Dinas Pertanian akan menyalurkan bantuan bibit jagung berkualitas yaitu Pioner. Bantuan ini tidak perlu bapak-bapak tunggu tahun 2021, di tahun 2020 ini juga akan kami berikan," kata Zakaria menyahuti usulan masyarakat Kotapanjang dalam Musrenbang yang juga dihadiri Wakil Ketua DPRK dan Anggorta DPRK Gayo Lues dari Dapil II tersebut.

Begitu juga dengan usulan bantuan benih padi yang berkualitas, Dinas Pertanian kata Zakaria akan memberikannya di tahun 2020 ini juga tanpa harus menunggu tahun 2021. Semua itu bertujuan untuk meningkatkan penghasilan masyarakat Kotapanjang.

"Tapi untuk mendapatkan bantuan ini, masyarakat harus membuat proposal terlebih dahulu dan mengantarkannya ke Dinas Pertanian. Proposal ini merupakan satu-satunya syarat untuk memberikan bantuan kepada masyarakat," jelasnya.

Di tahun-tahun sebelumnya, bantuan bibit jagung untuk Gayo Lues kerap diberikan Pemerintah Aceh dan pemerintah pusat. Namun bibit jagung tersebut tidak cocok dengan tanah di Gayo Lues, sehingga ditolak oleh Dinas Pertanian setempat. (NUAR)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C