Log in

Diskominfo Lhokseumawe Minta Telkom Blokir Game PUBG


Lhokseumawe-andalas Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Lhokseumawe menyurati PT Telkom untuk segera memblokir game PUBG [Player Unknown's Battle Grounds]. Hal itu dilakukan untuk mendukung fatwa haram terhadap game PUBG yang dikeluarkan oleh Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh.

“Kami telah menyiapkan surat untuk ditandatangani oleh Pak Wali Kota, yang  akan ditujukan kepada PT Telkom, agar bisa segera dilakukan pemblokiran game PUBG guna mendukung fatwa haram yang dikeluarkan MPU,” kata Kepala Diskominfo Kota Lhokseumawe Faisal, Rabu (14/8).

Kabid Kominfo Kota Lhokseumawe Arman menambahkan, surat yang telah diparaf oleh Kepala Dinas Kominfo dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Lhokseumawe itu saat ini posisinya sudah berada di ruangan kerja Wali Kota Lhokseumawe.

“Secara teknis, pemblokiran (game PUBG) untuk wilayah Kota Lhokseumawe bisa saja dilakukan, karena pemblokiran tersebut berdasarkan internet protocol (IP), apalagi IP itu sudah tersistem regional, sehingga bisa dilakukan,” ucapnya.

Pihaknya berharap pemblokiran itu bisa dilakukan oleh Telkom sesuai dengan yang diharapkan. “Kita tetap mengikuti fatwa ulama yang telah mengharpan game online tersebut. Hanya saja, ada beberapa proses yang harus dilalui untuk meminta pemblokiran game online PUBG. Salah satunya harus menyurati PT Telkom,” ujarnya.

Selama ini pihaknya memonitor penggunaan internet terbanyak di wilayah Kota Lhokseumawe. Dari hasil monitor tersebut didapati Indie Home yang terbanyak digunakan masyarakat.

Sebelumnya, MPU Aceh pada 19 Juni 2019 mengeluarkan fatwa haram bermain game PUBG. Larangan itu lantaran dampak negatif yang ditimbulkan game tersebut berdasarkan kajian fiqh Islam, informasi teknologi, dan psikologi. Keputusan tersebut menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat Aceh. Sebagian mendukung larangan tersebut dan sebagian lagi menolak. (MUL)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px