Log in

Delapan Pegawai Kecamatan Terjaring OTT


Dugaan Pungli Pembuatan SKT di Tanjung Morawa

Tanjung Morawa-andalas Tim Unit Tipikor Satreskrim Polres Deli Serdang mengamankan delapan orang pegawai Kecamatan Tanjung Morawa yang terjaring dalam kegiatan Operasi Tangkap Tangan (OTT), Selasa (13/11).

Kedelapan orang tersebut diamankan atas dugaan melakukan pungutan liar (pungli) terhadap sejumlah warga yang mengurus pembuatan Surat Keterangan Tanah (SKT) di kantor kecamatan yang berlokasi di Jalan Irian, Bandar Labuhan, Tanjung  Morawa.

Informasi yang dihimpun, lima dari delapan yang diamankan merupakan pegawai berstatus aparat sipil negara (ASN), sedangkan tiga lainnya pegawai honor. Lima ASN yang diamankan yakni SH yang menjabat Kasi Pemerintahan, kemudian S, H, LP, dan LN. Sementara yang pegawai honor berinisial U, C, dan ZK.

Kelimanya telah diboyong ke Satreskrim Polres Deli Serdang guna menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Hingga pukul 16.00 WIB, pihak kepolisian masih melakukan pemeriksaan. Namun ap peran dari masing-masing yang diamankan, belum diketahui.

Begitu juga soal barang bukti, termasuk uang yang diamankan dari OTT tersebut, belum ada penjelasan resmi dari pihak kepolisian.

Putri, siswa PKL di Kantor Kecamatan Tanjung Morawa menyebutkan orang-orang yang berada di ruangan Kasi Pemerintahan dibawa ke Polres Deli Serdang. “Saya ketika kejadian lagi fotokopi, semua yang di sini dibawa,” ujarnya.

Sementara Camat Tanjung Morawa Edi Yusuf, ketika dikomfirmasi mengakui bahwa ada beberapa anggotanya diamankan Polres Deli Serdang, termasuk Kasi Pemerintahan. Katanya ia tidak mengetahui secara pasti mengapa anggotanya diamankan.

“Saya di Pakam, tidak tau persisnya. Yang jelas anggotaku semua yang dibawa, Kalau Kasi Pemerintahan dia urusan pemerintahan lah biasanya urusan-urusan surat tanahnya sama dia,” akunya.

Sedangkan Kasat Reskrim Polres Deli Serdang AKP Bayu Putra Samara  membenarkan pihaknya mengamankan sejumlah orang dari Kantor Camat Tanjung Morawa. Namun ia belum bersedia berkomentar banyak, terkait beberapa orang yang diamankan dan terkait kasus apa orang-orang tersebut. “Ia sabar, masih pemeriksaan,” tandasnya. (BOB)

25°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 4.83 km/h

  • 17 Dec 2018 28°C 22°C
  • 18 Dec 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px