Log in

Dari Piala Ayah Menuju Liga Nasional

Penggagas Ayah Wa Cup H Ismail A Jalil, SE diabadikan bersama para tokoh lainnya saat pembukaan turnamen tersebut, Sabtu lalu. Penggagas Ayah Wa Cup H Ismail A Jalil, SE diabadikan bersama para tokoh lainnya saat pembukaan turnamen tersebut, Sabtu lalu.

Aceh Utara-andalas Open turnamen sepak bola Piala Ayah Wa (Yahwa Cup) telah berlangsung sejak lima tahun terakhir. Tahun ini merupakan tahun kelima Ayah Wa mencetak kader pemain sepak bola daerah yang go liga tingkat nasional.

Siapa yang tidak kenal dengan Ayah Wa, panggilan akrab H. Ismail A. Jalil, SE, politisi Partai Aceh (PA) yang telah dua periode sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Utara . Bahkan wakil rakyat asal daerah pemilihan VI kini memangku jabatan Ketua DPRK Aceh Utara.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap bulan April Ayah Wa mengadakan open turnamen sepak bola bertajuk Ayah Wa Cup. Ternyata Ayah rela merogoh dompet dalam-dalam untuk mencari bibit unggul yang bisa menjadi duta daerah untuk memasuki ajang sepak bola nasional.

Pria kelahiran Matang Serdang, Tanah Jambo Aye, pada 12 Juni 1979 ini optimistis, dengan kegiatan olahraga juga bisa menciptakan pemuda antinarkoba. Tak hanya membidik calon pemain yang andal, keinginan Ayah Wa melalui Open Turnamen Ayah Wa Cup juga agar pemuda-pemuda energik dan sportif menjauhi narkoba.

Pada Piala Ayah Wa Cup V 2018 ini masih tetap diselenggarakan di lapangan sepak bola yang sama, yakni Aneuk Nanggroe, Matang Drien, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara.

Turnamen tersebut mendapatkan dukungan dari para pecinta olahraga daerah, termasuk pemerintah kabupaten setempat. Ayah Wa Cup V langsung dibuka oleh Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf alias Sidoem Peng, Sabtu 21 April 2018. Juga turut hadir Ketua DPRK Lhokseumawe, Muhammad Yasir dan beberapa anggota Fraksi Partai Aceh DPRK Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe.

Sebanyak 16 klub berlaga di  Ayah Wa Cup V. Yakni PS Aneuek Naggroe sebagai tuan rumah, PS Putra Desa Kandang, PSPB Lhok Nibong, PSAB Alue Lhok, PS Elang Putih Jambo Aye, Persabda Idi, PS Rajawali Tanjoeng Minje, PS Galaxi Lapang, PS Pajak Ikan Lhoksukon, PS Panton Putra, Persi Putra Baktiya, PSBD Matang Sijuek, Kuta Makmur Fc, PS Remaja Gabungan Blang Andam dan PS Gajah Putih Seunudo. Mereka memerebutkan Piala Ayah Wa Cup V dan hadiah uang dengan total Rp54 juta.

Diapresiasi

Pengamat sepak bola lokal, Nek Kop mengpresiasi penuh Ayah Wa yang telah mencetak pesepakbola Aceh Utara dan Aceh Timur dari even tersebut. Melalui Ayah Wa Cup telah banyak mencetak pemain yang kita kirim ke ke liga sepak bola nasional, baik Liga I seperti PSMS Medan, maupun Liga II seperti Aceh United dan Persiraja serta Liga III.

 “Setiap tahun kita melahirkan pesepak bola andal dari Ayah Wa Cup.  Melalui even ini kita mencari pemain berbakat. Kita harapkan dari Ayah Wa Cup V akan tersaring pemain berbakat yang akan kita kirim ke Aceh United atau Persiraja,” lanjut Nek Kop, Minggu (22/4).

Sementara itu, Ketua Wasit Aceh Utara yang juga pengawas pertandingan M Amin S.Pd mengatakan, sejauh ini permain sepak bola Aceh Utara dan sekitarnya mengalami kemajuan pesat setelah Ayah Wa Cup rutin digelar oleh H. Ismail A. Jalil, SE.

“Pembinaan persepak bola Aceh Utara menunjukkan hasil. Ini dibuktikan keberhasilan Aceh Utara merebut peringkat pada PORA 2016 lalu,” katanya di sela mengawasi duel PS Pante Bidari Lhok Nibong versus PS Elang Putih di hari kedua.

Aceh Utara juga telah merebut dua Piala Pra-PORA pada 2017. “Bahkan 2018 ini kita juga lolos ke PORA Aceh Besar,” lanjutnya.

Menurutnya, Ayah merupakan sosok yang tepat jadi wakil rakyat. Selain peduli pembangunan dan perberdayaan masyarakat, kini Ayah Wa juga memberdayakan pemuda melalui sektor olahraga. Dengan Ayah Wa Cup pemuda terhindar dari ancaman narkoba yang sangat gencar belakangan ini.

M Amin menuturkan, melalui Ayah Wa Cup, salah satu putra Aceh Utara asal Baktiya, Naizul, saat ini sedang bermain di Bali United Club.

“Melaui PPLB Naizul lolos sebagai salah satu pemain terbaik daerah untuk Bali United,” kata M Amin. Naizul sebelumnya menjadi top score dengan mencetak 4 gol dalam 5 kali laga di Ambon.

Selain itu, Ayah Wa yang saat ini masih menjabat sebagai Ketua DPRK Aceh Utara juga sedang menciptakan kader U-23 tiga. Dijadwalkan, turnamen U-23 akan diselenggarakan di desa kelahirannya, Matang Serdang, Tanah Jambo Aye, Aceh Utara usai Ramadan mendatang ini.

“Saat ini melalui Ayah Wa Cup ini kita sedang mencari bibit unggul. Semua itu dilakukan demi gerenasi muda yang sehat,” ujar Ketua Panitia Penyelenggara Ayah Wa Cup, Tgk Azhari Abdul Manan.

Sementara waktu, tambah bakal caleg Bacaleg DPRK Aceh Utara Dapil VI dari Partai Aceh tersebut mengatakan, saat ini beberapa open turnamen sedang diselengarakan oleh Ayah Wa, salah satunya di Lapangan Aneuek Naggroe Matang Drien, dan juga Lapang Sepak Bola Tanjong Dalam Langkahan.

“U-23 ini merupakan puncak pencaharian bakat, dimana Ayah Wa berharap akan mendapatkan para pemain yang sesungguhnya dan andal membawa nama baik Aceh Utara ke depan,” lanjut Tgk. Azhari.

Di tempat terpisah, penggagas Ayah Wa Cup H Ismail A Jalil SE mengatakan, Ayah Wa Cup terbuka untuk umum, dan terlepas dari unsur politik. Menurutnya, siapapun yang memiliki bakat olahraga, silakan bertarung di Ayah Wa Cup.

“Yang terpentingcintai kesehatan dengan menjauhi narkoba. Mari kita membangun Aceh yang sehat dan penuh nilai islami,” kata H Ismail A Jalil yang akan naik kelas menjadi Bacaleg untuk DPRA periode mendatang mewakili rakyat Aceh utara. (Efendi Noerdin)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

25°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 94%

Wind: 6.44 km/h

  • 17 Aug 2018 30°C 24°C
  • 18 Aug 2018 31°C 23°C

Banner 468 x 60 px