Logo
Print this page

Dana Desa Tiga Gampong di Aceh Utara Belum Cair


Aceh Utara-andalas Sejumlah Desa (Gampong) di Kabupaten Aceh Utara sudah memasuki tahap kedua pencairan dana desa untuk tahun anggaran 2018 yang sedang berjalan ini. Namun dana tiga desa di Kecamatan Lhoksukon baik dana desa tahap pertama, kedua maupun ketiga belum bisa dicairkan, yakni Gampong Bintang Hu, Buket Me Lt dan Tring Pantang.

Keterlambatan tersebut juga terjadi akibat terhambatnya peremajaan struktur Tuha Peuet (Badan Pemusyawatan Desa) dan yang belum memiliki Surat Keputusan (SK), sehingga tidak bisa melakukan pencaharian dana tersebut.

Keuchik Trieng Pantang, Kecamatan Lhoksukon, Hasanuddin, Minggu (9/9) membenarkan pencarian dana desa belum cair untuk tahun anggaran 2018 yang sedang berjalan. Padahal ia mengaku semua tahapan proses telah selesai dirangkum oleh Pemerintahan Gampong Trieng Pantang, baik berupa ADM pemerintahan dan berkas pengajuan APBDES 2018 termasuk permasalahan yang terjadi di Gampong.

“Berkas itu sudah kita serahkan ke Kecamatan pada 27 Agustus lalu. Namun sampai saat ini dana tersebut belum masuk ke rekening Gampong Trieng Pantang. Selain itu kami sering berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan pihak perbankan, tapi sampai saat ini rekening masih kosong,” ungkapnya.

Keuchik dan warga mengharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, untuk segera mencairkan dana desa, karena  bukan hanya Dana Desa yang belum cair tapi untuk pembayaran jerih aparatur desa Trieng Pantang. 

“Selain dan santunan anak yatim yang bersumber dari Anggaran Dana Gampong/ADG pun tidak masuk, bahkan lebaran kemarin aparat gampong tidak bisa menikmati hasil jerih dan jika tidak segera dicairkan akan terhambat pembagunan nanti apalagi menghadapi musim hujan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pemberdayaan Mayarakat dan Desa (Kasi PMD) Kecamatan Lhoksukon Samsul Bahri menyebutkan, ada tiga gampong yang belum bisa dicairkan dana desa tersebut, yaitu  Gampong Bintang Hu,  Buket Me Lt dan Tring Pantang  akibat terkendela dengan SK Tuha Peut yang baru.

“Jika SK Tuha Peut belum disahkan, Tuha Peut tersebut tidak bisa tandatangan di berita acara pengajuan. Sementara untuk Gampong Buket Me Lt dan Tring Pantang berkasnya sudah kita serahkan ke keuangan, dalam minggu ini sudah bisa dicairkan, masyarakat harap bersabar. Sedangkan Gampong Bintang Hu, sampai saat ini masih ada kendala terkait SK Tuha Peut, karena masih dalam proses,“ terangnya. (MUL)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
Info Pemasangan Iklan Online

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com