Log in

Dana Desa Dua Gampong Belum Cair


Akibat Konflik Internal

Lhokseumawe-andalas Sebanyak dua gampong (desa) di Kota Lhokseumawe belum mencairkan Dana Desa 2019 tahap pertama. Penyebabnya karena adanya konflik internal di tengah masyarakat hingga pemerintah gampong tersebut tidak mengajukan berkas pencairan dana desa.

Kedua gampong yang belum mencairkan dana desa itu antara lain Gampong Paloh Punti dan Blang Pulo di Kecamatan Muara Satu. “Dua gampong itu belum dapat mencairkan dana desa tahap satu," ungkap Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kota Lhokseumawe Nurliana, Senin (22/7).

Nurliana menjelaskan kedua gampong tersebut belum dapat melengkapi administrasi untuk melakukan pencairan dana desa lantaran di desa mereka terjadi konflik internal. Pihaknya sudah mencoba menyurati kedua pemerintahan gampong tersebut terkait belum terealisasinya pencairan dana desa tahap satu. Namun hingga saat ini kedua gampong tersebut belum juga melengkapi administrasi.

Sementara dana desa untuk tahap kedua tahun 2019 sudah mulai dicairkan. Dari 68 gampong di wilayah Kota Lhokseumawe, delapan gampong diantaranya sudah mencairkan dana desa tahap kedua.

Ia menyebutkan, seharusnya pencairan dana desa tahap kedua sudah selesai. Namun pencairan dana desa tahap kedua baru ditransfer ke Rekening Kas Umum Negara (RKUN ) ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD). Hal itu terjadi karena masalah laporan dari gampong yang belum terealisasi.

Tahun 2019 dana desa yang dianggarkan untuk 68 gampong di wilayah Kota Lhokseumawe mencapai Rp58 miliar lebih dan dibagi dalam tiga tahap pencairan. "Seharusnya pada bulan Juli atau pertengahan tahun sudah dilakukan pencairan tahap ketiga, namun dikarenakan beberapa kendala yang terjadi di gampong sehingga pencairan tahap ketiga belum teraliasasi,” katanya.

Nurliana menjelaskan, BPM sudah melakukan sosialisasi pembinaan dan pelatihan untuk aparatur gampong, seperti menyiapkan regulasi dan sebagainya terkait syarat pencairan dana desa. “Kami sangat berharap di gampong cepat menyelesaikan tahapan-tahapan tersebut agar pecairan dana desa dapat direalisasikan,” paparnya. (MUL)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px