Log in

Ceulangiek: Musrenbang Harus Libatkan Pemuda


Bireuen-andalas Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Bireuen Rusyidi Mukhtar mengharapkan pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan harus melibatkan semua elemen masyarakat terutama pemuda.

Mukhtar juga berharap Musrenbang tidak hanya mengusulkan pembangunan jalan, saluran  pembuangan air, dan sebagainya, tetapi juga harus mengusulkan program-program pembangunan terkait masalah pendidikan baik pendidikan agama maupun pendidikan umum.

“Masalah pendidikan dan agama serta penguatan SDM tidak pernah diusulkan dalam Musrenbang. Yang asyik jadi usulan prioritas selalu pembangunan jalan dan saluran air,” sebut Mukhtar yang akrab disapa Ceulangiek pada acara pertemuan dengan pemuda, keuchik (kepala desa), dan pengurus Karang Taruna se-Kecamatan Kuala Bireuen, baru-baru ini.

Dia berharap ke depan dalam Musrenbang harus ada usulan program kegiatan keagamaan seperti pengajian pemuda, pengajian gampong, pembangunan balai pengajian atau pondok pengajian.

Ceulangik menyebutkan, Musrenbang bukan hanya seremonial. Tetapi harus benar-benar sebagai tempat merencanakan secara matang prioritas pembangunan dengan melibatkan semua elemen masyarakat.

"Penggunanaan dana desa harus ada musyawarah dengan melibatkan pemuda dan unsur tokoh masyarakat serta tuha peut,” imbaunya. (HERA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px