Logo
Print this page

Bupati Optimistis Gayo Lues Juara PKA Ke-7

Bupati Gayo Lues HM Amru saat berada di anjungan Kerawang Gayo di lokasi PKA ke-7 di Banda Aceh. Bupati Gayo Lues HM Amru saat berada di anjungan Kerawang Gayo di lokasi PKA ke-7 di Banda Aceh.

Gayo Lues-andalas Pemerintah Kabupaten Gayo Lues mengikuti 13 mata lomba pada Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7 di Banda Aceh, di antaranya tari saman, mengayun anak, dan adat pernikahan.

Bupati Gayo Lues HM Amru, Minggu sore (5/8) di Taman Ratu Sapiatudin menyatakan optimistis salah satu jenis yang diperlombakan di PKA akan dimenangkan oleh Kabupaten Gayo Lues.

"Kita tidak boleh hanya sekadar ikut saja, tetapi saya yakin akan ada di antara 13 event yang kita ikuti ini, yang menjadi juara satu," katanya yang didampinggi Ketua Dekranasda Hj Hartati.

Bupati meyakini, tari saman yang sudah diakui Unesco sebagai warisan Budaya Tak Benda dan sudah dikenal dunia akan mendapatkan juara satu. Begitu juga dengan yang lainnya, Amru sangat yakin bahwa Gayo Lues akan mendapatkan peringkat.

"Keyakinan saya itu timbul setelah mengecek berbagai persiapan even, anjungan, serta tempat pameran hasil kerajinan (expo)," ucapnya.

Ketua Dekranasda Gayo Lues Hj Hartati juga yakin Kabupaten Gayo Lues akan mendapat peringkat di PKA 2018 ini. Selain memiliki anjungan yang sangat bagus, bermacam produk unggulan juga sangat digemari pengunjung.

Pencinta Kerawang
Sementara itu, pencinta kerawang Gayo dari berbagai kabupaten se-Provinsi Aceh mulai mengunjungi anjungan PKA Gayo Lues di Taman Sapiatudin, Lamprid, Banda Aceh. Rata-rata pengunjung mengaku tertarik dengan motif kerawang gayo yang menghiasi anjungan.

Junaida (39) warga Banda Aceh salah satu pengunjung Minggu (5/8) mengatakan, awalnya ia dan keluarganya hanya sekadar lewat-lewat saja melihat situasi dan kondisi seluruh anjungan PKA kabupaten dan kota, namun saat melintasi anjungan Gayo Lues diriya tertarik melihat motif kerawang gayo.

Dari seluruh anjungan yang ada di Taman Ratu Sapiatudin, Junaida mengaku tidak semua anjungan yang ia kunjungi, namun hanya beberapa anjungan yang dianggap menarik.

"Rupanya di anjungan Gayo Lues ini ada beberapa hal yang menarik, selain motif kerawag gayonya yang sudah mendunia dipakai pemain tari saman, pedang dan hasil alam yang dipamerkan juga sangat menarik," jelasnya.

Junaida yakin, anjungan Kabupaten Gayo Lues yang sudah ditata rapi dengan bermacam hal yang dipersembahkan kepada pengunjung akan menjadi favorit pada PKA 2018. (nuar)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
Info Pemasangan Iklan Online

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com