Log in

BPKD Gayo Lues Cairkan Dana Penanggulangan Corona Rp2,5 Miliar

Kepala BPKD Gayo Lues Mukhtar. Kepala BPKD Gayo Lues Mukhtar.

Blangkejeren-andalas Pemerintah Kabupaten Gayo Lues mulai mencairkan anggaran untuk menghadapi penyebaran virus vorona. Selain membeli kebutuhan peralatan tenaga medis, honor penjaga setiap perbatasan juga diberikan mengingat risiko yang dihadapi sangat tinggi. "Supaya lebih pas langsung saja konfirmasi ke BPKD," kata Sekda Kabupaten Gayo Lues H Thalib SSos, Senin (6/4) yang dikonfirmasi wartawan.

Sementara Kepala Badan Penggelola Keuangan Daerah (BPKD) Gayo Lues Mukhtar mengatakan, saat ini ada sejumlah anggaran yang sudah dicairkan oleh Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Gayo Lues untuk menghadapi pencegahan penyebaran wabah virus corona.

"Anggaran yang sudah kita cairkan ke BPBD jumlahnya Rp2,5 miliar," katanya menjawab wartawan saat ditanyai sudah berapa anggaran yang dicairkan BPKD untuk penanganan pencegahan penularan wabah virus corona di Kabupaten Gayo Lues.

Dijelaskan Mukhtar, pencairan anggaran itu langsung ke BPBD sebagai dana darurat bencana yang sedang dihadapi Kabupaten Gayo Lues, dan jika nantinya masih dibutuhkan dana tambahan, pihak BPKD sudah menyiapkan dan menunggu permintaan lanjutan dari BPBD Gayo Lues selaku leading sector penanganan bencana.

"Anggaran yang sudah dicairkan ini sumbernya dari anggaran darurat bencana, yang kegunaannya untuk operasional petugas, pembelian peralatan, dan lain sebagainya yang dibutuhkan dalam menghadapi bencana virus corona ini," jelasnya.

Kabid Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD Gayo Lues Muhammad Saleh mengatakan, secara garis besar anggaran Rp2,5 miliar itu dipergunakan untuk membeli kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) petugas, untuk ruang isolasi, operasional, serta honor petugas medis dan yang lainnya.

"Masih belum diketahui apakah anggaran ini cukup atau tidak, yang jelas saat ini masih dalam estimasi dan sedang dianalisa oleh tim ahli," katanya saat ditanyai apakah anggaran Rp2,5 miliar itu cukup atau tidak untuk menanggulanggi penyebaran virus corona di Gayo Lues. (NUAR)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C