Log in

BPBD Sosialisasi Cara Memadamkan Api

Petugas BPBD Kabupaten Bireuen mendemonstrasikan cara memadamkan api di depam murid MIN 50 Bireuen. andalas/Ist Petugas BPBD Kabupaten Bireuen mendemonstrasikan cara memadamkan api di depam murid MIN 50 Bireuen. andalas/Ist

Bireuen-andalas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bireuen menggelar sosialisasi dan demonstrasi cara penanggulangan bencana gempa bumi dan kebakaran pekan kemarin untuk siswa di sepuluh sekolah dalam wilayah Kabupaten Bireuen.

Syahrul Rizal dari BPBD Bireuen mengakatan, pada 2018 BPBD melaksanakan sosialisasi untuk sepuluh sekolah pilihan, dan tahun depan kegiatan serupa akan dilaksanakan di sekolah-sekolah lain.

Menurut Syahrul Rizal sosialisasi penanggulangan bencana gempa bumi dan kebakaran untuk murid sekolah perlu dilakukan agar anak-anak tahu bagaimana cara memadamkan api kebakaran dan menyelamatkan diri dari bencana, terutama gempa.

Dijelaskan, selain memberikan teori, petugas dari BPBD juga mengadakan simulasi kecil di halaman sekolah terkait bagaimana cara penanganan kebakaran baik dengan goni basah maupun dengan racun api.

“Dalam menghadapi kebakarana kita jangan panic,” katanya seraya memperagakan bagaimana cara menutup kobaran api dengan goni basah maupun dengan racun api.

Saat simulasi berlangsung, murid terlihat sangat antusias mengikuti dan mendengarkan penjelasan petugas BPBD. Mereka juga terlihat gembira ketika rekan dan gurunya bisa memadamkan api dengan goni basah maupun dengan racun api.

Sementara Kepala MIN 50 Bireuen, Darmawati, mengatakan bahwa para murid memang perlu diberi pengetahuan bagaimana cara menanggulangi kebakaran sejak dini.

“Acara ini sangat bermanfaat bagi guru dan murid, dengan mendapatkan sosialisasi dan praktik langsung mereka akan tahu cara yang benar memadamkan api sebelum menyebar,” kata Darmawati.

Sementara itu BPBD juga Gelar Workshop Sosialisasi dan Internalisasi Penyusunan Kajian Resiko Bencana di Oproom Kantor Pemereintahan Kabupaten Bireuen di Cotgapu.

Kepala Pelaksaana (Kalak) BPBD Bireuen Muhammad Nasir, SP, M.SM, menyebutkan, pelaksaanaan kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari dengan menghadirkan tiga orang pemateri tim ahli dari PT Pillar Inti Jakarta.

Muhammad Nasir, SP, M.SM, menjelaskan, bahwa Kabupaten Bireuen bukanlah daerah yang bebas dari bencana, berbagai jenis bencana pernah menerpa Kabupaten Bireuen bahkan menimbulkan banyak sekali kerusakan dan kerugian atas jiwa dan harta benda serta menghambat dan mengganggu baik roda pemerintahan maupun kehidupan dan penghidupan masyarakat. (HERA)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Partly Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 19 Sep 2018 31°C 21°C
  • 20 Sep 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px