Log in

BLUD RSUD Tunggu Petunjuk Teknis

Sekda Kab Gayo Lues H.Thalib S Sos Sekda Kab Gayo Lues H.Thalib S Sos

Gayo Lues,Aceh-Andalas Pemerintah Daerah Kabupaten Gayo Lues masih menunggu petunjuk teknis terkait perencanaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang akan dijadikan menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Pasalnya, peraturan dan petunjuk teknis tersebut sangat dibutuhkan supaya tidak terjadi kesalahan dikemudian hari.

Thalib S Sos, Sekda Kab Gayo Lues kemarin mengatakan, salah satu keuntungan RSUD dijadikan BLUD adalah pembelian obat-obatan bisa langsung dilakukan pihak rumah sakit tanpa butuh proses panjang. Sehingga apapun jenis obat-obatan tidak perlu menunggu Uang Persedian (UP) dicairkan Pemda. "Yang diwacanakan menjadi BLUD ini bukan saja RSUD, tetapi ada beberapa Puskesmas dan juga di Dinas Pendidikan," katanya.

Jika RSUD tidak segera dijadikan BLUD, Thalib mengatakan pihak RSUD bisa menjadi sasaran, musebabnya, warga yang kini mengetahui berobat gratis harus mengeluarkan biaya membeli obat ke Apotik karena RSUD kehabisan stok sebelum anggaran dicairkan.

Disisi lain, Sekda Kab Gayo Lues juga menyoroti permasalahan adanya oknum dokter di Rumah Sakit yang menyarankan pasienya membeli Obat Paten, padahal obat yang digeratiskan Pemerintah juga telah disediakan, sehingga berobat gratis yang selama ini diketahui masyarakat malah berubah menjadi harus bayar.

"Kalau memang obat yang dibeli Pemerintah ini tidak bagus, sebaikanya pihak Rumah Sakit nantinya mengusulkan, sehingga bisa dimasukan ke APBD dan warga tidak terbebani, karena kalau saya saja sakit, di bilang ada obat yang lebih bagus, pasti dipilih yang bagus meskipun harus bayar, jadi kalau memang harus obat bagus ini dipakai, Pemerintah harus mensiasatinya," katanya.

Sekda mengaku, dalam waktu dekat akan membawa Anggota DPRK, Asisten yang membidangi Kesehatan dan Kadis Kesehatan berkunjung ke RSUD untuk membicarakan permasalahan tersebut, sehingga kedepanya imek berobat gratis tapi harus beli obat bisa dihilangkan di masyarakat dengan cara mengratiskan semua obat-obatan tanpa ada saran dari dokter untuk membeli obat lain dari luar. (Nuar)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

27°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 83%

Wind: 11.27 km/h

  • 24 Sep 2018 30°C 23°C
  • 25 Sep 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px