Log in

Bireuen Sentra Pengembangan Pembibitan Pala

Pengelola sentra pembibitan pala Cabang UD Karya Mandiri Kabupaten Bireuen Irfan Basri.andalas/Suherman Amin Pengelola sentra pembibitan pala Cabang UD Karya Mandiri Kabupaten Bireuen Irfan Basri.andalas/Suherman Amin

Bireuen-andalas Bireuen salah satu ibukota Kabupaten dari 23 Kabupaten lainnya yang ada di Provinsi Aceh, saat ini sudah ada sentra pengembangan pembibitan Pala di kawasan Peusangan Siblah Krueng.

“Selain Aceh Selatan, Bireuen juga sekarang sentra pengembangan dan pembibitan pala di Provinsi Aceh yang saat ini sudah melaju perkembangannya dan bersetifikasi Pemerintah,” Sebut Irfan Basri (49) pengelola usaha pembibitan Pala Usaha UD Karya Mandiri kepada andalas Minggu (23/9).

Lokasi pengembangan dan pembibitan Pala di  Gampoeng Lueng Daneuen, Kecamatan Peusangan Siblah Krueng, jarak tempuhnya dari jalan Medan-Banda Aceh melalui arah simpang Krueng Tingkeum Kuta Blang ke arah selatan diperkirakan sejarak 4 kilometer ke perkebunan tersebut.

Pengelola Cabang UD Karya Mandiri Irfan Basri kepada andalas menyebutkan, usaha yang ditekuninya sudah lebih delapan tahun (Sejak 2010) sampai saat itu terus berjalan dan berkembang, hingga menjadi satu Sentra Pembibitan Pala yang siap melayani pembeli baik masyarakat tani maupun Pemerintah untuk Program Pengembangan Perkebunan. Bahkan selain Pala yang lebih terfokus juga tersedia bibit kelapa, pinang, salak, pala cangkok dan lada.

Disebutkan, saat ini dirinya sudah mempekerjakan empat pria dan empat wanita setiap harinya namun pada waktu tertentu bahkan ada yang dipekerjakan 10 orang.

Irfan menjelaskan bahwa dirinya hanya sebagai pemasok bibit yang bersertifikasi, dan terjamin mutunya kepada rekanan. Dan dominan permintaan bibit pala darinya untuk kebutuhan program pengembangan perkebunan yang di danai pemerintah.

Dijelaskan, bibit Pala di tempat usahanya ada dalam jumlah besar dan tersedia sekitar 500 ribu batang lebih, dan bila ada pembeli harganya bervariasi mulai dari Rp 8.000.-Rp 25.000 perbatangnya, dan tergantung umur Bibit Pala.

Menurut Irfan bibit pala ditanami pada umur delapan bulan atau sudah tinggi selutut orang dewasa, ditanami dengan jarak antar pohon ke pohon tujuh-delapan meter.

Menjawb andalas terkait kecambah atau bakal bibit didatangkan dari Gampoeng Panton Pawoh, Kecamatan Labuhan Haji Barat, Kabupaten Aceh Selatan dan setibanya di tempatnya dimasukkan ke polibeg.

“Irfan Basri berharap kepada siapapun perusahaan perkebunan, atau perorangan yang membutuhkan bibit pala yang berkualitas terjamin dan bersertifikasi, menghubunginya melalui nomor telepon seluler dan WA +62 853 6146 2666.” Pungkasnya. (HERA)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 22 Oct 2018 29°C 22°C
  • 23 Oct 2018 28°C 22°C

Banner 468 x 60 px