Log in

Berperan Strategis Beri Pemahaman Keagamaan

Para gruru PAI tekun mengikuti penjelasan dari para narasumber dan arahan Kabidbudpar,Drs Mustafa Amin,M.Pd pada pelatihan guru PAI. andalas/Suherman Amin Para gruru PAI tekun mengikuti penjelasan dari para narasumber dan arahan Kabidbudpar,Drs Mustafa Amin,M.Pd pada pelatihan guru PAI. andalas/Suherman Amin

Guru Pendidikan Agama Islam

Bireuen-Andalas Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga (Kadisdikpora) Drs Nasrul Yuliansyah,M.Pd diwakili Kabid Kebudayaan dan Pariwisata Drs Mustafa Amin,M Pd menyatakan, bahwa guru Pendidikan Agama Islam (PAI) mempunyai peran strategis dalam memberikan pemahamaan keagamaan terhadap peserta didik (siswa).

“Berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab demi yang baik kepada peserta didik adalah peran guru agama yang memang harus berada pada garda terdepan,” kata Mustafa Amin  pada sambutannya ketika membukapelatihan Guru PAI dalam Perspektif K-13 di Aula Universitas Terbuka (UT) diDesa Geulanggang Teungoh Bireuen, Selasa (14/11).

Maka dari itu guru PAI yang akan menjadi garda terdepan, harus benar-benar profesional dan memiliki keterampilan di bidang nya dalam prosesi pembelajaran. Di samping itu guru PAI juga harus bersemangat dalam melaksanakan tugas, ikhlas, dan bisa menjadi contoh dan suri teladan bagi peserta didik.

Mustafa mengharapkan, guru PAI harus memiliki kompetensi yang baik dan berkualitas,sehingga dapat melahirkan generasi yang cermelang, memiliki integritas terutama yang diarahkan dalam proses pembelajaran harus sesuai dengan perilaku dalam kehidupan sehari-hari.

Dijelaskan, pelaksanaan pendidikan PAI di sekolah merupakan bentuk penjabaran amanat Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang secara eksplisit menyatakan bahwa tujuannya untuk meningkatkan komptensi ke arah yang lebih baik lagi, sehingga dapat melahirkan generasi yang cermelang.

Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksana Kabid Pembina Pembelajaran SMP, Drs.Teuku Syukri M.Pd mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut, selain untuk meningkatkan kompetensi guru PAI SMP perspektif K-13, juga meningkatkan keterampilan dalam pengembangan model-model pembelajaran.

Dilaporkan,Kegiatan bertemakan “Dengan Pelatihan Guru PAI Kita Wujudkan Proses Pembelajaran Yang Berkualitas“ diikuti 80 guru PAI jenjang SMP seKabupaten Bireuen selama 3 hari yaitu 14-16 November 2017, di Kampus UT Desa Geulanggang Teungoh Bireuen.

SedangkanPemateri (Narasumber) sebanyak empat orang dihadirkan dari para Dosen tetap dari FTK UIN Ar Raniry Banda Aceh, adalah Dr M Duskri M.Kes, Mawardi M.Pd. Muhajir M.Ag dan Tarmizi Ninoersy S.Pd.I.

Harapan Disdikpora melaksanakan pelatihan tersebut agar para guru mampu menambah ilmu pengetahuan dan wawasan untuk meningkatkan kompetensi mereka (guru) ke arah yang lebih baik, sehingga mampu melahirkan generasi penerus dan pewaris bangsa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. (HERA)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

27°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 80%

Wind: 6.44 km/h

  • 21 Nov 2017 28°C 23°C
  • 22 Nov 2017 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px