Log in

BBI Aih Sejuk Jual Bibit Ikan Nila Untuk PAD


Gayo Lues,Aceh-Andalas Balai Benih Ikan (BBI) Aih Sejuk, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues menjual bibit ikan nila hingga 80 ribu ekor setiap tahun. Salah satu tujuanya adalah untuk memudahkan warga mendapatkan bibit ikan yang berkualitas dan menguranggi pemasukan ikan dari luar daerah.

Kabid Perikanan Gayo Lues Abd.Gani Senin (20/3) mengatakan, setiap satu ikan nila yang berukuran tiga sampai lima centi meter (cm) dijual dengan harga Rp150, dan yang berukuran lima sampai delapan cm dijual dengan harga Rp200 per ekor. Namun sewaktu-waktu harga itu bisa diturunkan oleh peugas BBI jika permintaan masyarakat menurun.

"Hasil penjualan bibit ikan nila yang harus kami setor menjadi Pendapatan Asli Daerah per tahunya Rp 27 Juta, dan ituu sudah menjadi ketentuan. Kalau tidak dijual bibit ikanya, bagaimana kami memenuhi PAD yang telah dibebankan ini," katanya.

Selama ini, ikan yang dikonsumsi masyarakat Kabupaten Gayo Lues biasanya dibawa dari luar daerah, jikapun ada ikan lokal, jumlahnya masih sedikit dan belum mampu memenuhi kebutuhan konsumen, untuk itu, pihak Perikanan akan berupaya membuat tempat pembibitan disetiap Kecamatan untuk mempermudah warga mendapatkan bibit tanpa harus jauh membeli bibit ke BBI.

"Di Aih Selah, Kecamatan Pantan Cuaca juga ada BBI khusus pembibitan ikan Mas, namun tingkat produksinya masih sangat kurang, dan hanya Lima ribu bibit setiap tahunya yang berhasil dijual, karena peminat yang membesarkan ikan Mas ini belum terlalu banyak," jelasnya.

Jika pemilik kolam mampu membesarkan ikan dengan cara memberikan pakan yang rutin, Abd. Gani sangat yakin jika ikan kebutuhan warga Gayo Lues tidak perlu didatangkan dari luar daerah, malahan ikan dari Gayo Lues yang lebih enak bisa dijual keluar daerah dan PADpun akan terus meningkat. (Nuar)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

28°C

Medan, Sumatera Utara

Partly Cloudy

Humidity: 75%

Wind: 6.44 km/h

  • 20 Sep 2017 30°C 22°C
  • 21 Sep 2017 29°C 23°C

Banner 468 x 60 px