Log in

Banyak Warga Meriah Jaya Naik Haji Berkat Durian

Buah durian yang dijual petani di pinggiran jalan. Buah durian yang dijual petani di pinggiran jalan.

Bireuen-andalas Desa Meriah Jaya, Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Benar Meriah, merupakan salah satu sentra penghasil durian dan kakao di Provinsi Aceh. Dari hasil panen dua komoditas pertanian itu, kehidupan warga Meriah Jaya terbilang cukup sejahtera. Bahkan tidak sedikit warga yang mampu menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci.

Menurut Teungku Muhammad Nur kepada andalas di Timang Gajah Jumat (20/2) menyebutkan, kini masyarakat di seluruh desa dalam kawasaan Meriah Jaya panen besar buah durian dan kakao.

“Kita tidak perlu heran jika mereka (warga Meriah Jaya) mampu menunaikan ibadah haji setiap tahunnya berkat hasil panen durian dan kakao, apalagi sebagian warga juga menanam kopi,” kata Teuku Muhammad Nur, tokoh masyarakat Timang Gajah, kepada andalas, Jumat (20/2).

Seperti saat ini, di Meriah Jaya sedang panen raya durian. Hal ini karena hampir setiap kepala keluarga di sana memiliki kebun durian. Setiap hari ribuan buah durian dibawa keluar dari desa itu dengan diangkut mobil-mobil bak terbuka untuk dipasarkan oleh pedagang ke Timang Gajah, Takengon, Bener Meriah, Tertin, Bireuen, Lhokseumawe hingga Banda Aceh.

Pengamatan andalas di sepanjang di kiri-kanan jalan masuk Beuregang mulai Meriah Jaya, terlihat hamparan kebun durian, coklat, dan kopi milik warga. Marzuki salah seorang petani di Rime Raya menjelaskan bahwa dari hasil panen durian, kopi, dan kakao, sudah banyak Meriah Jaya berangkat ke Makkah untuk ibadah haji maupun umrah.

Disebutkan, saat ini sedang panen raya durian dan banyak warga dari berbagai daerah, terutama Kabupaten Bireuen, berkunjung ke Meriah Jaya untuk membeli buah durian dengan harga yang cukup murah mulai Rp10.000 hingga Rp25.000 per buah.

Menurut Marzuki, banyak juga pedagang Bireuen yang memborong buah durian untuk dijual kembali. Begitu juga pedagang dari Lhokseumawe dan Sigli. Mereka umumnya membeli buah  durian dalam skala banyak karena mengangkutnya dengan mobil pick up. “Alhamdulillah boleh dicoba dan lihat isinya, tebal dan anaknya tipis persis durian  Thailand yang rasanya manis,“ ungkap Marzuki. (HERA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px