Log in

Banyak Penyulingan Pala di Aceh Selatan Tutup

Safaruddin sedang berbincang dengan wartawan di depan alat penyulingannya yang kini telah berhenti beroperasi. Safaruddin sedang berbincang dengan wartawan di depan alat penyulingannya yang kini telah berhenti beroperasi.

Tapaktuan,Aceh-andalas Sulitnya mendapat bahan baku untuk hasil yang baik membuat sejumlah penyuling minyak pala (ketel) memilih menutup usahanya.  Kesulitan bahan baku itu karena banyak pokok pala mati akibat diserang hama. Berkurang pokok pala praktis mengurangi jumlah produksi pala dan minyaknya.

Safaruddin (54), warga Gampong Pucuk Krueng, Kecamatan Pasieraja, Aceh Selatan sebagai pemilik penyulingan pala kepada andalas Minggu kemarin mengatakan usaha yang telah dirintisnya puluhan tahun lalu itu terpaksa berhenti, karena minimnya bahan baku.

“ Sulitnya mendapat bahan baku, karena tanaman pala milik masyarakat banyak yang sudah mati di serang hama sampai saat ini belum juga ditemukan obatnya,” katanya didepan penyulingannya yang tidak beraktifitas.

Menurutnya, usaha penyulingan minyak pala yang ditekuni sejak tahun 2009 lalu telah menjalin kerja sama dengan perusahaan asing, dan kontrak yang pernah di jalinnya terpaksa berakhir tahun 2015 lalu, karena tidak mampu memenuhi permintaan perusahaan asing tersebut akibat minimnya pasokan biji pala dari petani.

Dia mengaku jika penyulingan berjalan maka membutuhkan beberapa tenaga kerja dari penduduk desa itu. “Ada  4 pekerja yang sudah tidak bekerja lagi,  2 bertugas siang dan 2 bertugas malam,” ujarnya seraya menyayangkan usaha yang digelutinya ini terhenti, karena biaya yang telah dikeluarkan untuk pembuatan penyulingan jumlahnya tidak sedikit.

Sementara seorang pemuda setempat, Surya Dharma (29) berhentinya operasi penyulingan minyak pala praktis menambah jumlah penganggur. Selain itu kelebihan tempat penyulingan juga membeli harga biji pala petani yang lebih mahal dari penampungan.

“Untuk itu, atas nama masyarakat, kami sangat berharap kepada pemerintah lebih serius menangani persoalan penyakit pala yang hingga kini belum dapat diatasi. soalnya tanaman ini merupakan ikon Aceh Selatan sebagai daerah penghasil pala berkwalitas,” harapnya. (HSP)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

26°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 93%

Wind: 6.44 km/h

  • 20 Nov 2017 29°C 22°C
  • 21 Nov 2017 28°C 22°C

Banner 468 x 60 px