Log in

Banyak Fasilitas Belum Dibangun, Jadwal MTQ Aceh Bakal Molor

Bangunan hall yang disiapkan untuk kegiatan MTQ tingkat Provinsi Aceh di Sigli.Andalas/dhian anna asmara Bangunan hall yang disiapkan untuk kegiatan MTQ tingkat Provinsi Aceh di Sigli.Andalas/dhian anna asmara

Sigli-andalas Jadwal pelaksanaan MTQ ke-34 tingkat Provinsi Aceh di Kabupaten Pidie, sebelumnya dipatok berlangsung Juli  mendatang. Tapi jadwal itu bakal molor tanpa kepastian, karena harus bermufakat lagi dengan pihak provinsi Jadwal MTQ yang bakal molor itu terkuak saat rapat evaluasi persiapan MTQ tersebut di Oproom Kantor Bupati Pidie, Rabu lalu. Rapat dipimpin Bupati Pidie Roni Ahmad (Abusyiek) dan dihadiri unsur Forkopimda setempat.

Bupati Pidie mendengar berbagai penjelasan, baik yang disampaikan oleh Kadis Syariat Islam Pidie TH Sabirin SH MH, Kadis PU Perkim Muhammad Adam ST, serta kepala dinas lainnya yang terkait sebagai panitia penyelenggara.

Pada yang juga dihadiri Wakil Bupati Fadhlullah TM Daud ST danSekda Muliyadi Yakhob SPd MPd tidak menghasilkan keputusan akurat menyangkut jadwal MTQ digulirkan. Pasalnya, masih banyak item sarana dan prasarana belum rampung.

Kepala Dinas Syariat Islam Pidie HT Sabirin hanya menjelaskan teknis pelaksanaan MTQ, serta kebutuhan bangunan dan dana pemondokan. Pasalnya, sejumlah lokasi yang dibutuhkan belum rampung atau masih dalam pembahasan.

Pengamatan andalas, hanya dua dari sejumlah lokasi titik pelaksanaan MTQ baru baru ditimbun. Lokasi itu akan jadi mimbar utama, dan pameran MTQ. Kedua lokasi tersebut terletak di kawasan Desa Baroh Lampeudeu, persisi di belakang RSUD Tgk Chiek Ditiro Sigli dan satu lagi di perempatan jalan lingkar Kota Sigli.

Di lokasi yang dipreyeksikan untuk mimbar utama, areal seluas 6,7 hektare sudah tertimbun rata, termasuk satu gedung (hall) yang terus dipacu pengerjaannya oleh kontraktor.

Sedangkan lokasi kedua seluas 2,3 ha juga sudah tertimbun dan hanya tinggal pengerasan. Lokasi ini diproyeksikan untuk pusat pameran.

Pemda Pidie, tidak hanya menyiapkan dua titik lokasi MTQ, tapi juga menyiapkan sejumlah gedung lainnya, baik untuk perlombaan Syarhil Quran, Tartil, Cerdas Cermat, Kaligrafi, serta sejumlah mata perlombaan lainnya.

Juga disiapkan untuk pemondokan 22 kafillah dari 22 kabupaten/kota, serta bangunan mimbar utama tempat berlangsungnya kegiatan.

Sebagai tuan rumah, Pidie juga harus melakukan promosi, baik di tingkat kabupaten maupun di ibukota provinsi (Banda Aceh, sehingga gaungnya menggema.

Pemda Pidie juga harus menyediakan hadiah besar bagi mereka yang juara, serta memberikan tiket umrah/haji bagi masing masing pemenang bidang perlombaan.

“Sangat wajarlah Pemkab Pidie sebagai tuan rumah harus menggeser jadwal MTQ dari rencana bulan Juli 2019, agar tidak membuat malu masyarakat Pidie,” sebut sejumlah pemerhati politik di Kota Sigli. (dhian)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px