Log in

Banjir Rob Rendam Dua Desa di Aceh Utara

Luapkan air laut merendam dua desa di Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara. andalas/mulyadi Luapkan air laut merendam dua desa di Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara. andalas/mulyadi

Lhoksukon-andalas Sebanyak dua desa di Kabupaten Aceh Utara dilanda banjir rob atau luapan pasang air laut, Minggu (21/7). Akibat dari peristiwa alam tersebut banyak rumah warga, badan jalan, kebun, dan tambak ikan, terendam air laut dengan ketinggian bervariasi.

Kendati begitu hingga Minggu petang, warga dua desa yang terkena banjir rob yakni Gampong Lhok Puuk dan Matang Puntong, masih bertahan di rumahnya masih-masing, belum ada yang mengungsi.

Panglima Laot Kecamatan Seunuddon Hasan menyebutkan, banjir rob ini biasanya terjadi antara satu hari hingga tiga hari berturut-turut dan kerap melanda ketika pasang purnama.

“Fenomena ini bukan baru terjadi, tetapi sudah sering dirasakan masyarakat di wilayah ini. Atas dasar itu kita berharap agar ada penanganan secara khusus yang dilakukan Pemerintah Aceh Utara,” ujarnya seraya mengatakan saat banjir rob surut, biasanya akan menyisakan pasir di rumah-rumah warga yang terendam air laut tersebut.

Camat Seunuddon Fawa Maulana mengatakan, kejadian ini sudah dilaporkan ke pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara. Menurutnya, pihak desa masih mendata terhadap rumah-rumah yang terkena imbas.

“Untuk sementara ini belum terindikasi adanya kerusakan rumah warga akibat banjir rob itu. Hanya saja air menggenangi pekarangan rumah dan badan jalan di dua desa tersebut,” ucapnya.

Ia menyebutkan air laut hanya menggenangi pekarangan rumah warga. Kejadian semacam ini biasanya terjadi sebulan sekali. Untuk sementara informasinya sudah mereka sampaikan kepada BPBD Aceh Utara.

Ia mengatakan, dua desa tersebut lokasinya berdekatan dengan bibir pantai, sehingga saat terjadi pasang surut, air laut kerap mengalir ke permukiman penduduk. Untuk mengatasinya diperlukan pemasangan batu penahan ombak laut.

“Kalau dibangun batu penahan ombak sekitar dua kilometer lagi insya Allah dapat mengatasi air laut mengalir ke permukiman penduduk saat terjadi pasang purnama, seperti yang telah dibangun sebelumnya,” paparnya.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Aceh Utara Amir Hamzah menyebutkan, sejauh ini hanya Lhok Puuk dan Matang Puntong yang dilaporkan diterjang banjir rob dan tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. “Sejauh belum ada laporan warga yang mengungsi,” ungkapnya.

“Langkah-langkah yang kita lakukan adalah melakukan peninjauan ke lapangan dan hasilnya nanti kita sampaikan kepada pimpinan, sehingga bapak bupati nantinya akan memerintahkan dinas terkait dan sektor lainnya untuk menindaklanjuti,” tandasnya. (MUL)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px