Log in

ASN Bolos TPK Dipotong 50 Persen

Plt Sekdako Lhokseumawe Miswar Ibrahim memberikan keterangan kepada wartawan. andalas/mulyadi Plt Sekdako Lhokseumawe Miswar Ibrahim memberikan keterangan kepada wartawan. andalas/mulyadi

Hari Pertama Masuk Kerja Usai Idul Adha

Lhokseumawe-andalas Pemerintah Kota (Pemko) Lhokseumawe akan memotong Tunjangan Prestasi Kerja (TPK) sebesar 50 persen bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bolos atau tidak hadir di hari pertama masuk kerja usai libur Idul Adha 1440 Hijriah.

“ASN Pemerintah Kota Lhokseumawe mulai masuk kerja kembali besok (Rabu, 14/8). Jika ada ASN yang tidak masuk kerja pada hari yang sudah ditentukan tersebut maka, terancam akan dilakukan pemotongan TPK-nya sebesar 50 persen,” kata Plt Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Lhokseumawe Miswar Ibrahim, Selasa (13/8).

Miswar menegaskan Pemko Lhokseumawe sudah memberikan dispentasi libur tambahan selama dua hari yakni Senin dan Selasa (12-13/8). Jika nanti pada Rabu (13/8) ASN tidak juga masuk kerja maka akan diberikan sanksi seberat-beratnya.

Ia menyebutkan, sanksi tersebut diberikan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang kedisiplinan pegawai negeri sipil. Sehingga dalam hal ini pihaknya sangat berharap seluruh pegawai pada Rabu (14/8) wajib mengikuti apel serta kembali menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan tupoksi-nya masing-masing.

Pengganti Jam Kerja
Sebelumnya Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah telah mengeluarkan surat edaran tentang libur Hari Raya Idul Adha 1440 hijriah bagi ASN di Aceh. Dalam surat edaran bernomor 061.2/11844 tersebut disampaikan bahwa libur Hari Raya Idul Idha hanya diberikan selama dua hari yakni mulai Senin 12 Agustus sampai Selasa 13 Agustus 2019.

Surat edaran tertanggal 31 Juli 2019 itu ditujukan kepada Bupati dan Wali Kota se-Aceh, Staf Ahli Gubernur Aceh, Asisten Sekda Aceh, kepala SKPA dan para kepala Biro Setda Aceh.

Plt Gubernur Aceh berharap kepada kepala instansi agar meningkatkan pengawasan terhadap kehadiran dan kepatuhan jam kerja ASN pada hari Sabtu 17 Agustus 2019 dan 24 Agustus 2019 sebagai pengganti jam kerja yang diliburkan tersebut.

Jika kemudian terdapat pegawai yang tidak masuk kerja tanpa alasan yang jelas pada pengganti hari libur itu, maka diberikan tindakan kedisiplinan sesuai peraturan perundang-undangan berlaku.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Rahmat Raden menegaskan, jika ada pegawai yang tidak mengindahkan surat edaran tersebut, maka akan diberikan sanksi tegas berupa pemotongan uang makan dan tunjangan prestasi kerja (TPK). "Jelas ada sanksi disiplin pegawai. Uang makan dan TPK akan dipotong," tegas Rahmat. (MUL)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px