Log in

Abusyiek Turun Tangan Atasi Hama

Bupati Pidie Abusyiek memperhatikan serangan hama yang menyerang tanaman coklat petani di Kecamatan Delima sebelum disemprot obat buatannya. Bupati Pidie Abusyiek memperhatikan serangan hama yang menyerang tanaman coklat petani di Kecamatan Delima sebelum disemprot obat buatannya.

Cabai dan Kakao Petani Diserang Hama

Sigli-andalas Bupati Pidie Roni Ahmad (Abusyiek) terpaksa turun tangan langsung menyemprot cairan obat untuk mengatasi hama yang menyerang puluhan hektare tanaman cabai merah dan kakao (coklat) di tiga kecamatan di daerahnya.

Ditemui andalas di kebun warga masyarakat Kecamatan Delima dan Kecamatan Batee secara tepisah, Rabu (12/6) sore, terlihat  Abusyiek sedang serius menyemprot hama yang menyerang tanaman cabai merah warga.

Saat disapa andalas, Abusyiek tampak tersenyum bangga dengan pekerjaannya itu. Meski dirinya seorang Bupati, dia tidak segan membantu masyarakat memulihkan tanaman cabai merah warganya yang diserang hama ulat serta hama siput merah kecil.

Dalam keseriusan bekerja, Abusyiek menyebutkan jika obat semprot hama tersebut bikinannya sendiri. Menurut Abusyiek, keampuhan obat bikinannya itu sudah terbukti dan banyak digunakan petani sawah dan petani kebun.

Sejumlah petani yang ditemui andalas secara terpisah di lokasi membenarkan obat antihama ulat yang dibuat Bupati Pidie cukup ampuh dan berhasil mengatasi serangan hama sehingga mejadi rebutan petani di sana.

Sejumlah petani di Kecamatan Padang Tijie, diantaranya Abdul Hanif, Sayuti, Tgk Zainal, dan Muzakir membenarkan, obat dan pupuk buatan Bupati Abusyiek sangat ampuh dalam mengatasi berbagai jenis hama.

Pengakuan senada juga disampaikan petani cabai merah di Kecamatan Batee kepada andalas. "Kami sudah melihat dan membuktikan sendiri," sebut Tgk Muhammad Nasir, petani di Batee.

Abusyiek sendiri saat ditanya andalas, enggan menjelaskan tentang cara membuat obat antihama itu. "Ini masih rahasia sekali, nantinya akan saya bocorkan juga asal ada kemauan untuk memajukan daerah ini," sebutnya.

Sejauh itu,  Abusyiek menyebutkan, puluhan hektare tanaman cabai merah, tanaman pisang, dan kebun coklat (kakao) masih terserang hama. Saat ini sudah banyak tanaman yang berhasil disemprot dan mulai pulih. (DHIAN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px