Log in

677 Peserta Ikuti Diklat Keterampilan Pelaut di Tapaktuan

Capt Zulnasri MM, perwakilan dari STIP Jakarta menyematkan badge peserta sebagai lambing dimulainya kegiatan Pendidikan dan Latihan Keterampilan Pelaut di Tapaktuan. andalas/heriansyah putra Capt Zulnasri MM, perwakilan dari STIP Jakarta menyematkan badge peserta sebagai lambing dimulainya kegiatan Pendidikan dan Latihan Keterampilan Pelaut di Tapaktuan. andalas/heriansyah putra

Terbanyak Se-Sumatra

Tapaktuan,Aceh-andalas Animo masyarakat Aceh mengikuti pendidikan dan latihan (diklat) keterampilan pelaut di Tapaktuan cukup tinggi. Ini terbukti jumlah peserta yang ikut diklat mencapai 677 orang.

“Jumlah itu merupakan peserta final, sedangkan formulir permohonan yang masuk sebanyak 779 dan melalui tahapan seleksi adminitrasi didapat jumlah peserta akhir yang terdiri dari 564 pria dan 113 wanita,” kata Kepala KPLP/Syahbandar Tapaktuan Syamsul Arif Hutagalung SE melalui petugas KPLP Amin Hasibuan SE kepada andalas di Tapaktuan, Rabu (7/11).

Menurutnya, jumlah peserta Diklat Ketrampilan Pelaut yang merupakan kerja sama Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Malahayati Aceh dengan Kesyahbandaran Tapaktuan, terbanyak se-Pulau Sumatera.

Diterangkannya, peserta kegiatan akan memperoleh materi tentang Basic Safety Training (BST) Advance Fire Fighting (AFF) dan Security Awareness Training (SAT) oleh Intruktur dari Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta dan BP2IP.

Pelatihan berlangsung selama lima hari mulai 5-9 Nov 2018. Pada hari terakhir akan dilaksanakan simulasi menghadapi musibah jika kapal terbakar langkah yang harus dilakukan, pemakaian Lifejacket, system penyelamatan berformasi dan lainnya sebagaimana teori, direncanakan kegiatan itu pada hari Jumat (9/11).

“Kegiatan ini yang kedua dilaksanakan di Aceh setelah Sabang dan merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat serta untuk membangkitkan dan menumbuh kembangkan semangat jiwa maritime,” tutur Amin.

Acara pembukaan dihadiri Kapolres Aceh Selatan AKBP Dedy Sadsono,ST, Asisten Pemerintahan Setdakab Erwiandi Noris, Danramil Tapaktuan Kapt Wahid dan Intruktur dari BP2IP Malahayati Aceh  dan STIP Jakarta serta sejumlah undangan lainnya. Acara pembukaan ditandai dengan penyematan badge peserta secara simbolis kepada perwakilan peserta. (HSP).

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 21 Nov 2018 27°C 22°C
  • 22 Nov 2018 27°C 22°C

Banner 468 x 60 px