Log in

596 Caleg di Pidie Bertarung di Pileg 2019


Kapolres: Peran Media Dibutuhkan Ciptakan Pemilu Damai

Sigli-andalas Setelah melalui sejumlah proses tahapan, akhirnya Komisi Indenpenden Pemilihan (KIP) Kabupaten Pidie, menetapkan 596 calon yang berhak bertarung untuk meloloskan diri menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Pidie, priode 2019-2024.

Ketua KIP Pidie, Muhammad Ali kepada andalas di sela sela kegiatan Deklarasi Kampanye Pemilu Damai di Alun - alun Kota Sigli, Sabtu (22/9) siang membenarkan jumlah calon legislatif (Caleg) yang lolos untuk bertarung di pemilihan anggota legislatif DPRK Pidie mendatang.

Ia menyebutkan, penetapan 596 calon anggota legislatif untuk bertarung di Pileg 2019 mendatang, berdasar keputusan KIP Kabupaten Pidie, Nomor 11/PL. 01.4-PU/11/KIP-Kabupaten/IX/2018 tentang Penetapan Daftar Calon Tetap (DCT).

Dari hasil keputusan tersebut, lanjutnya, KIP menetapkan 596 orang berhak mengikuti pemilihan calon anggota DPRK Pidie mendatang. atau kalangan perempuan berjumlah 219 orang dan kaum pria sebamyak 377 orang.

Muhammad Ali menambahkan, semua itu sudah sesuai ketentuan perundang-undangan partai politik peserta Pemilu, dan semua sudah melaksanakan fakta intergritas setelah melalui tahapan yang harus dipenuhi calon anggota legislatif.

KIP Netralitas
Sejalan dengan pidato Bupati Abusyiek, Muhammad Ali menegaskan pihaknya tetap netral dalam Pemilu 2019 mendatang. "Kita tetap netral, tidak pernah terbayang untuk memihak kepafa siapapun," tandas Ketua KIP Pidie.

"Mungkin Abusyiek kecewa dengan kinerja KIP terdahulu, dan wajar-wajar saja, tapi bagi kami tetap tidak memihak kepada siapapun dan akan bekerja jujur untuk menjalankan tugas negara," kata Muhammad Ali.

Berkaitan dengan pidato laporannya mendapat aplus luar biasa dari yang hadir, Muhammad Ali tidak banyak berkomentar, hanya menyebutkan pihaknya tetap berkomitmen untuk melahirkan Pemilu bebas dari politisi sara, money politic, dan hoax.

"Kami berharap, semua peserta Pileg dan Pilpres, juga masyarakat terikat dengan Ayat Suci Al Qur'an, yakni pemilih surat Al.Hujurat, ayat 10. Dimana, artinya orang orang mukmin itu bersaudara. Karena itu, damaikanlah kedua saudaramu itu, dan bertaqwalah kepada Allah, supaya kamu mendapat rahmat."

Pengamatan andalas, Deklarasi Kampanye Pemilu Damai di Pidie yang dipusatkan di Alun Alun Kota Sigli, cukup meriah ditandai pula dengan penglepasan sekitar 80 ekor burung Merpati, lambang perdamaian.

Kapolres Pidie, AKBP Andi Nugraha Setiawan Siregar SIK ketika diminta tanggapannya seusai kegiatan tersebut mengatakan cukup bagus dan meriah sekali. Namun, diharapnya semua pihak mampu menciptakan kedamaian.

"Tadi juga sudah saya sampaikan dalam pidato, dimana peran media cetak sangat dibutuhkan untuk menyebar luaskan berita berita pemilihan anggota dewan, presiden dan wakil presiden secara netral, serta menyampaikan berita sejuk dan imbauan keamanan dengan menjauhkan berita hoax," sebut Kapolres Pidie, bernada ramah. (dhian)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 97%

Wind: 4.83 km/h

  • 11 Dec 2018 28°C 22°C
  • 12 Dec 2018 27°C 22°C

Banner 468 x 60 px