Log in

14 Orang Gangguan Jiwa Masih Dipasung di Aceh Utara

Salah satu warga yang mengalami gangguan jiwa di Kabupaten Aceh Utara hidup dalam keadaan terpasung memakai rantai. Salah satu warga yang mengalami gangguan jiwa di Kabupaten Aceh Utara hidup dalam keadaan terpasung memakai rantai.

Aceh Utara – andalas Sebanyak 14 orang gangguan jiwa di Kabupaten Aceh Utara sampai tahun 2018 ini, masih hidup dalam keadaan terpasung, memakai balok kayu dan rantai.

Kepala Seksi (Kasi) Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa (PTM Keswa) Dinas Kesehatan Aceh Utara, Sri Afrianti, Jumat (12/10) mengatakan, Kabupaten Aceh Utara masih bergelut dengan persoalan kasus Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang terpaksa dipasung.

”ODGJ yang terpaksa dipasung mencapai angka 130 orang lebih sejak tahun 2006. Tapi setelah kita tangani bersama pemerintah daerah mereka telah berhasil disembuhkan dan ada juga yang masih di rumah sakit jiwa. Tetapi, masih ada 14 orang lagi yang sampai tahun 2018 ini, masih hidup dalam keadaan terpasung, “ papar Sri Afrianti

Lanjutnya, bahkan 10 orang di antaranya tidak diizinkan lagi pihak keluarganya untuk diobati lebih lanjut karena ketiadaan biaya. Sehingga masih ada 14 orang ODGJ di Aceh Utara, masih hidup dalam keadaan terpasung memakai balok kayu dan rantai.

Ia mengatakan, faktor banyaknya warga masyarakat mengalami gangguan jiwa karena tidak sanggup menanggung tekanan beban pikiran hidup.

“Karena kemiskinan, mengonsumsi narkoba, hingga faktor trauma konflik,” imbuh Sri Afrianti.

Dinas Kesehatan bersama para kader Kesehatan Jiwa di Kabupaten Aceh Utara, terus melangsungkan beragam kegiatan sosialisasi tentang pentingnya menjaga kesehatan jiwa sampai melaksanakan kegiatan Outbond untuk para penderita gangguan jiwa yang sudah berhasil disembuhkan. (MUL)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 4.83 km/h

  • 11 Dec 2018 28°C 22°C
  • 12 Dec 2018 27°C 22°C

Banner 468 x 60 px