Log in

129 Desa KB Terbentuk di Aceh


Banda Aceh-andalas Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Provinsi Aceh menyatakan sebanyak 129 gampong atau desa keluarga berencana sudah terbentuk di provinsi itu.

"Hingga November ini, sudah terbentuk 129 gampong keluarga berencana atau KB di Provinsi Aceh," kata Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Provinsi Aceh Sahidal Kastri di Banda Aceh, Selasa (14/11).

Didampingi Kepala Bidang Advokasi, Penggerak dan Informasi Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Provinsi Aceh Faridah, Sahidal Kastri mengatakan 129 Gampong KB tersebut tersebar di 12 kabupaten/kota.

Ia menyebutkan gampong KB akan dibentuk di 289 kecamatan yang tersebar di 23 kabupaten/kota di Aceh dengan target setiap kecamatan ada satu Gampong KB. Target tersebut diharapkan terealisasi pada 2018 mendatang.

"Memang kami akui hingga kini realisasi pembentukan gampong KB di Aceh masih sekitar 50 persen. Kami berharap pada 2018 mendatang, setiap kecamatan ada satu gampong KB," timpal Faridah.

Faridah menyebutkan gampong KB dibentuk untuk mempercepat pelaksanaan program-program keluarga berencana. Program keluarga berencana tersebut tidak hanya mengatur kelahiran.

"Program yang dilaksanakan di gampong KB sifatnya menyeluruh, termasuk bagaimana meningkatkan kualitas dan kesejahteraan keluarga," papar Faridah.

Faridah mengakui koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota menjadi kendala pembentukan gampong KB di Aceh. Apalagi sebagian besar bupati/wali kota di Aceh baru dilantik.

"Kami berharap pada 2018 mendatang, pembentukan gampong KB di setiap kecamatan di Aceh selesai. Dengan adanya gampong KB, diharapkan akselerasi program keluarga berencana menjadi lebih optimal," kata Faridah. (ant)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

24°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 98%

Wind: 6.44 km/h

  • 21 Nov 2017 28°C 22°C
  • 22 Nov 2017 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px