Log in

Mahasiswa Politeknik MBP Praktik Table Manner

MAHASISWA Prodi Pariwisata dan Perhotelan Politeknik MBP saat melaksanakan praktik Table Manner di kampusnya, Jalan Letjen Jamin Ginting No 267-271 Padang Bulan, Medan, Jumat (24/3) sore. MAHASISWA Prodi Pariwisata dan Perhotelan Politeknik MBP saat melaksanakan praktik Table Manner di kampusnya, Jalan Letjen Jamin Ginting No 267-271 Padang Bulan, Medan, Jumat (24/3) sore.

Medan-andalas Mahasiswa program studi (prodi) Pariwisata dan Perhotelan Politeknik Mandiri Bina Prestasi (MBP) Medan melaksanakan praktik Table Manner (tata cara makan). Praktik ini bertujuan agar para mahasiswa siap pakai setelah tamat kuliah nanti. Hal itu dikatakan Pembina Yayasan MBP Medan Drs Tenang Malem Tarigan MSi Ak kepada wartawan saat meninjau praktik mahasiswa semester II Prodi Pariwisata dan Perhotelan Polteknik MBP Medan di kampus PTS tersebut, Jalan Letjen Jamin Ginting No 267-271 Padang Bulan, Medan, Jumat (24/3) sore. "Daerah tujuan wisata di Indonesia itu salah satunya Danau Toba. Jadi kita ingin mengubah mindset masyarakat Sumut agar mampu melayani konsumen. Ini salah satu tujuan dibukanya prodi Pariwisata dan Perhotelan Polteknik MBP Medan ini," ujar dosen senior Politeknik Negeri Medan (Polmed) ini.

Koordinator Prodi Pariwisata dan Perhotelan Polteknik MBP Medan Edward Purba mengungkapkan, para mahasiswa telah diajarkan teori dan praktik Table Manner. Setelah itu, mahasiswa harus mampu memraktikkannya menangani dan melayani tamu dengan mengikuti Standard Operating Procedure (SOP) perhotelan. "Kita tidak pernah berpikir praktik table manner untuk hotel bintang 1 atau bintang 3. Yang pasti mahasiswa harus melakukan pelayanan sesuai yang berlaku di hotel berbintang 5. Praktik ini mulai diperkenalkan kepada mahasiswa sejak semester 2," ungkap pria yang pernah menjadi tenaga profesional di sebuah kapal pesiar ini. Di samping itu, kata Edward, agar mahasiswa mampu profesional dalam bekerja ketika lulus, pihaknya juga memberikan edukasi kepada para tamu ketika duduk di meja makan formal, seperti tata cara menggunakan alat makan, hingga memperkenalkan jenis makanan dan minuman yang disajikan.

"Itu akan kita lakukan berulang-ulang, agar ketika nanti anak-anak ini bekerja dapat meminimalisir kesalahan. Memang perbedaan di setiap hotel pasti ada, tetapi setidaknya sudah kita perkenalkan tata cara yang sesuai SOP internasional agar mereka tidak canggung di manapun bekerja nantinya. Mereka pun diwajibkan menggunakan bahasa Ingris," jelasnya. Dikatakannya, pemerintah Indonesia saat ini sedang serius mengelola pariwisata Indonesia, khususnya di Sumut. Untuk itu dia berharap agar pada penerimaan mahasiswa baru TA 2017/2018 nanti, mahasiswa yang mendaftar ke prodi Pariwisata dan Perhotelan Politeknik MBP dapat bertambah signifikan, dibandingkan sebelumnya yang hanya sekitar 300-an mahasiswa. "Kita berharap bertambah minimal 200 mahasiswa lagi," imbuhnya.

Dikatakannya, untuk meningkatkan profesionalitas mahasiswa, Politeknik MBP selama ini bekerja sama dengan kapal pesiar di Jakarta, yakni Ratu Oceania Raya. Selain itu juga bekerja sama dengan hampir di seluruh hotel di Kota Medan. "Jadi, kita betul-betul menempa anak-anak ini, agar dapat dibantu bekerja di sana, apalagi saya sebagai representatif kapal pesiar tersebut. Untuk dapat bekerja di sana juga membutuhkan skill khusus. Sehingga sebelum direkomendasikan maka harus lulus segala tes. Sebenarnya dibutuhkan 50 orang per bulan untuk bekerja di kapal pesiar itu dengan gaji minimal Rp15 juta per bulan. Ini menjanjikan, tetapi saat ini belum ada SDM-nya, karena masih berstatus mahasiswa," bebernya.

Dalam kesempatan itu, Humas Polteknik MBP Medan Romanus Sipayung mengatakan, usai menerima teori, para mahasiswa Politeknik MBP langsung melaksanakan praktik di tempat yang sudah disediakan. Praktik ini juga menjadi penilaian dan menjadi keputusan khusus. "Di sini kita bisa lihat bagaimana mahasiswa melayani tamu, memperkenalkan makanan, peralatan makan serta rasanya. Makanan yang disajikan juga hasil kreasi anak-anak mahasiswa kita," katanya. (HAM)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

22°C

Medan, Sumatera Utara

Mostly Cloudy

Humidity: 98%

Wind: 6.44 km/h

  • 20 Sep 2017 30°C 22°C
  • 21 Sep 2017 29°C 23°C

Banner 468 x 60 px