Harian Andalas - Lugas dan Cerdas - Portal Berita Online

Switch to desktop

Sungai Deli Meluap Lagi



Banjir Rendam Sejumlah Kawasan di Medan

MELUAP - Seorang remaja melintasi banjir yang meredam permukiman merea di Sei Mati, Medan Maimun, Senin (28/10) lalu dengan menggunakan karet ban. Banjir ini juga terjadi akibat meluapnya Sungai Deli setelah hujan lebat mengguyur Kota Medan.andalas/rizki mulyaMELUAP - Seorang remaja melintasi banjir yang meredam permukiman merea di Sei Mati, Medan Maimun, Senin (28/10) lalu dengan menggunakan karet ban. Banjir ini juga terjadi akibat meluapnya Sungai Deli setelah hujan lebat mengguyur Kota Medan.andalas/rizki mulyaMedan-andalas Sepanjang Sabtu (28/12) malam hingga Minggu (29/12) petang, wilayah Kota Medan terus diguyur hujan. Kendati hujan tidak begitu lebat, banyak ruas jalan dan permukiman di kota ini terendam banjir.

Hujan juga membuat permukaan air Sungai Deli meninggi hingga meluap ke permukiman warga di Kampung Aur, Kecamatan Medan Maimun. Luapan air sungai merendam ratusan rumah di kawasan bantaran sungai yang selalu menjadi langganan banjir itu.

Tio warga kampung Aur mengatakan, air mulai memasuki rumahnya sejak pukul 20.00 Wib malam tadi, Sabtu.

"Semalam hujan, sekitar jam 8 air sudah masuk rumah kami setinggi mata kaki, namun saat ini masih hujan dan airnya makin tinggi," ucap Tio, Minggu (29/12), yang rumahnya berjarak tidak terlalu jauh dengan Sungai Deli.

Bukan hanya Kampung Aur, Kepala Lingkungan IV, Kelurahan Jati, Kecamatan Medan Maiumun, Pipit juga mengungkapkan wilayahnya juga kena banjir. Beberapa rumah warganya yang tinggal di pinggiran Sungai Deli turut terendam air akibat luapan air sungai itu.

"Sekitar jam dua tadi pagi air sudah naik dan sampai sekarang sudah agak surut, saya juga sudah membuka posko untuk para warga yang rumahnya terendam banjir," ungkapnya.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan Nirwan di Medan, Minggu, mengatakan, luapan Sungai Deli yang menggenangi rumah warga tersebut mulai terjadi pada Sabtu malam sekitar pukul 20.00 WIB.

Namun karena hujan terus turun, luapan Sungai Deli tersebut semakin tinggi menjelang pukul 24.00 WIB yang menyebabkan genangan air semakin tinggi. "Ketinggian air yang menggenangi rumah warga itu mencapai satu meter," katanya.

Namun menjelang Minggu siang, genangan air tersebut mulai surut sehingga warga yang rumahnya tergenang mulai kembali ke tempat tinggal masing-masing.

"Pada Minggu siang, kondisi mulai terkendali sehingga tidak perlu evakuasi karena warga mulai kembali ke rumah masing-masing," kata Nirwan.

Genangan air yang cukup tinggi juga terjadi di Jalan Asoka, Kecamatan Medan Selayang disebabkan curah hujan lebat yang terjadi pada Sabtu malam tersebut.

Namun genangan air yang melanda ruas jalan dan sebagian besar halaman rumah warga tersebut bukan disebabkan luapan sungai, tetapi karena faktor sistem drainase yang tidak berfungsi.

"Drainasenya kurang berfungsi, air tidak dapat mengalir sehingga menggenangi ruas jalan dan halaman rumah warga," ujar Nirwan.

Debit air yang hampir menimbulkan luapan sungai juga terjadi di kawasan Kecamatan Medan Marelan dan Medan Labuhan yang menerima aliran dari Sungai Deli dan Sungai Babura.

"Namun, kawasan Marelan dan Labuhan agak tinggi sehingga sungainya belum sampai meluap," katanya.

Banjir juga merendam jalan-jalan dan permukiman warga di kawasan Jalan Bilal. Banjir ini menurut warga terjadi karena buruknya sistem drainase di kawasan itu.

Kata warga, drainase di sepanjang Jalan Bilal tidak berfungsi sehingga tak mampu menampung debit air kalau hujan turun mengguyur kawasan itu.

Warga meminta Pemko Medan segera memperbaiki drainase di sepanjang Jalan Bilal tersebut karena mereka mengaku sudah 'capek' dibuat susah karena terus menjadi langganan banjir kalau hujan turun.(starberita/gus)

Kirim Komentar

Yang bertanda (*) informasi WAJIB diisi. HTML code TIDAK diizinkan

PT. STAR MEDIA INTERNUSA - http://www.harianandalas.com
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
Info Pemasangan Iklan Online

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com

hit counter

Top Desktop version