Harian Andalas - Lugas dan Cerdas - Portal Berita Online

Switch to desktop

Humas Aceh Timur Bimbingan Teknis Keprotokolan



Aceh Timur-andalas Pentingnya pengetahuan tentang keprotokolan, karena sukses atau tidaknya suatu acara tergantung kepada petugas protokoler. Di setiap pelaksanaan acara resmi dan kenegaraan atau acara lepas dari pihak swasta, pasti tidak terlepas dari aturan keprotokolan dengan menjunjung nilai sosial dan budaya bangsa serta merupakan ungkapan pengakuan kedudukan tertentu.

Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Timur M Ikhsan Ahyat SSTP MAP ketika membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Keprotoklan yang dilangsungkan di Gedung Serbaguna Senin, (9/12).

Disebutkan, protokol merupakan serangkaian aturan atau tata cara dalam menyelenggarakan suatu acara agar dapat berjalan dengan tertib, hikmat, rapi, lancar dan teratur dengan memperhatikan ketentuan keprotokolan yang berlaku.

Untuk menjadi protokol yang kompeten dalam menangani acara resmi maupun kenegaraan, dibutuhkan tiga hal utama yaitu pengetahuan (knowledge), kemampuan (skill) dan sikap (attitude).

Ketiga hal tersebut harus dimiliki oleh petugas protokol dalam mendukung penguasaan kegiatan keprotokolan baik yang menyangkut dengan tata tempat, tata upacara, dan tata penghormatan kepada penerima perlakuan keprotokolan, baik pejabat negara, pejabat pemerintahan, maupun tokoh masyarakat tertentu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2010 Tentang Keprotokolan.

Pengaturan keprotokolan tidak hanya menyangkut pengaturan mengenai tata tempat, tata upacara, tata penghormatan, dan tata kunjungan pejabat, tetapi juga menyangkut etika yang harus dilaksanakan oleh seorang protokol, dengan begitu kompleksnya tugas protokoler, maka sudah seharusnya seorang protokol harus menguasai berbagai aturan keprotokolan yang ada yang didukung dengan etika dan erformance yang prima. Melalui pelaksanaan bimbingan teknis keprotokolan ini, diharapkan peserta kelak dapat mengimplementasikan pengetahuan yang diperoleh nanti-nya untuk kelancaran tugas keprotokolan ini, sebagai upaya melahirkan aparatur yang paham dan mengerti tentang keprotokolan,” tambah Sekda.

Pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Timur mengucapkan terima kasih kepada para peserta bimbingan teknis keprotokolan. Dengan harapan agar benar-benar diikuti dengan sebaik-baiknya dan manfaatkan kegiatan ini untuk menambah pengetahuan.

Serta wawasan yang nantinya dapat bermanfaat ketika kembali ketempat tugas saudara masing-masing. “Dan terima kasih juga kami sampaikan kepada panitia serta seluruh pihak yang telah menyelenggarakan pelaksanaan Bimbingan Teknis Keprotokolan ini,” ujar Sekda.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Timur T Amran SE dalam laporannya mengatakan, maksud dari pelaksanaan bimbingan teknis keprotokolan bertujuan untuk menyatukan persepsi antara aparatur protokol baik di lingkup SKPK dan kecamatan yang selama ini dalam pelaksanaan tugas keprotokolan di lapangan sering terjadi salah persepsi.

Baik petugas protokol atau tumpang tindih kebijakan meningkatkan pemahaman dan pengetahuan, serta kinerja aparatur protokol meningkatkan mutu pelayanan mendapatkan masukan-masukan tentang keprotokolan. (MAD)

Kirim Komentar

Yang bertanda (*) informasi WAJIB diisi. HTML code TIDAK diizinkan

PT. STAR MEDIA INTERNUSA - http://www.harianandalas.com
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
Info Pemasangan Iklan Online

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com

hit counter

Top Desktop version