Harian Andalas - Lugas dan Cerdas - Portal Berita Online

Switch to desktop

Dana PNPM-MP Secanggang Diduga Dikorupsi



Langkat-andalas Meskipun para pelaku tindak pidana korupsi uang negara di Kabupaten Langkat, dari mulai bupati dan SKPD sudah dihukum. Namun, hal itu tampaknya tidak memberikan efek jera kepada pelaku korupsi di Kabupaten Langkat. Baru kemarin kantor Dinkes Langkat digerebek polisi, karena ada indikasi korupsi dana Jampersal dan tiga orang sudah ditetapkan menjadi tersangka dan ditahan di Polres Langkat.

Menurut sumber andalas yang enggan ditulis namanya, Minggu (29/12), kali ini yang menjadi sorotan banyak kalangan di Kabupaten Langkat, terkait dengan dugaan korupsi dana PNPM-MP (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) Mandiri Pedesaan di Kecamatan Secanggang, diduga dilakukan berjemaah.

Mulai dari TPK (Tim Pelaksana Kegiatan), konsultan, PPK (Panitia Pelaksana Kecamatan) dan tim dari kabupaten. Terbukti, hasil pengerjaan tidak sesuai dengan petunjuk teknis dan RAB. Sementara, semua yang disebutkan di atas tersebut berperan bagaimana supaya hasil pekerjaan tersebut bermutu dan sesuai petunjuk teknis.

Yang lebih parah lagi semua yang terlibat dalam pelaksanan, terkesan menutup-nutupi kesalahan yang ada baik kesalahan fisik maupun adanya pemotongan dan pungutan lainnya. Atas dasar itu, masyarakat menilai dugaan korupsi tersebut dilakukan secara berjamaah.

Dengan memanfaatkan hasil persetujuan masyarakat atas hasil pekerjaan tersebut, sesuai dengan tujuan PNPM yaitu dari masyarakat untuk masyarakat. Para pelaku yang terlibat di dalamnya dengan mudah mendapatkan keuntungan, karena dari hasil pantauan wartawan koran ini di lapangan.

Bahwa, masyarakat yang menyetujui hasil pekerjaan itu tak lain adalah orang-orang yang bisa diajak kompromi/ kerja sama oleh TPK. Sementara masyarakat yang tidak terfokus di PNPM tersebut hanya menjadi azas manfaat oleh oknum-oknum tersebut.

Masyarakat minta instansi terkait segera mengusut penggunaan dana PNPM di Kecamatan Secanggang. BPKP diminta mengaudit pengunaan dana PNPM-MP tersebut. Berkaitan dengan kasus tersebut sejumlah panitia pelaksana kecamatan maupun kabupaten belum berhasil dikonfirmasi (HS).

Kirim Komentar

Yang bertanda (*) informasi WAJIB diisi. HTML code TIDAK diizinkan

PT. STAR MEDIA INTERNUSA - http://www.harianandalas.com
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA. Telp. 061 8463333, 8474231.
© 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com

hit counter

Top Desktop version